5 Danau Paling Menakjubkan di Indonesia, traveloblog 102

5 Danau Paling Menakjubkan di Indonesia

Klik Untuk Share    
Tips Wisata dan Jalan Jalan
Sudah Dilihat Oleh : 3864 Pengunjung Danau dengan air berwarna pink di Australia? Atau danau polkadot di Kanada? Indonesia juga punya danau yang tak kalah unik dari kedua danau tadi, kok. Meskipun tak terlalu dikenal, di Indonesia ada banyak danau yang menampilkan fenomena alam tak biasa.

Mulai dari Danau Kaco hingga Danau Kelimutu, berikut ini kami tampilkan 5 danau paling unik dan menakjubkan di Indonesia.

1.Danau Kaco, Jambi

danau kaco

Desa Lempur, Kerinci, provinsi Jambi punya sebuah danau menakjubkan yang dikenal dengan nama Danau Kaco. Danau ini merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat.

Danau Kaco memiliki nama yang berarti ‘danau kaca’. Airnya berwarna biru cemerlang, seolah dicelup cat biru laut. Yang menjadikan danau ini istimewa adalah airnya yang bisa menyala di malam hari, terutama saat bulan purnama. Tak jarang wisatawan yang sengaja berkemah di sekitar Danau Kaco saat bulan purnama.

Menurut situs Wonderful Indonesia, danau yang konon sangat dalam ini juga menjadi habitat bagi ribuan ikan semah.

2.Danau Ubur-Ubur Kakaban, Kalimantan TImur

danau ubur ubur

Mau menyelam bersama ribuan ubur-ubur jinak di Palau? Tak perlu jauh-jauh, Indonesia juga punya danau serupa, kok. Di Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur ada sebuah danau unik yang dihuni oleh ubur-ubur’ramah’. Menurut situs Atlas Obscura, danau seperti ini hanya ada dua di dunia.

Menurut situs Wonderful Indonesia, danau di Pulau Kakaban menjadi rumah bagi empat spesies ubur-ubur, yaitu ubur-ubur totol (Mastigias papua), ubur-ubur bulan (Aurelia aurita), ubur-ubur kotak (Tripedalia cystophora), dan ubur-ubur terbalik (Cassiopea ornata). Semuanya sudah kehilangan daya sengat karena proses evolusi.

3.Danau Kelimutu, NTT

danau kelimutu

Danau Kelimutu merupakan salah satu kebanggaan Indonesia. Danau ini merupakan bagian dari gunung berapi yang ada di Flores, NTT. Tiga danau kawah ini memiliki warna yang berbeda-beda. Karena itu danau ini disebut pula dengan nama Danau Tiga Warna.

Danau pertama yang berwarna merah bernama Tiwu Ata Polo. Danau yang berwarna biru disebut Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, sedangkan danau yang berwarna putih dikenal penduduk setempat dengan nama Tiwu Ata Mbupu.

Warna ketiga danau ini terus berganti setiap beberapa tahun sekali. Perubahan tersebut disebabkan karena reaksi kimia yang dihasilkan dari mineral yang terkandung dalam danau yang terpicu oleh aktivitas gas gunung berapi.

4.Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

danau labuan cermin

Kalau Jambi punya Danau Kaco, Kalimantan Timur punya Danau Labuan Cermin. Menurut The Journey Magazine, danau ini terletak di Desa Labuan Kelambu, Biduk-Biduk, Kabupaten Berau.

Sama seperti Danau Kaco, danau ini juga punya air jernih berwarna biru cemerlang. Tetapi keistimewaan Labuan Cermin terletak pada airnya yang terdiri dari dua jenis, air asin di dasar dan air tawar di permukaan.

Uniknya kedua air ini tidak pernah tercampur. Jika diperhatikan baik-baik, air tawar dan air asin di Labuan Cermin terpisah oleh lapisan tipis serupa awan. Ikan air tawar dan laut hidup bersama-sama di kedua bagian air danau tersebut. Inilah yang membuat Labuan Cermin juga dijuluki danau dua rasa.

5.Danau Toba, Sumatera Utara

danau toba

Siapa yang tak kenal Danau Toba? Danau ini merupakan objek wisata kebanggaan Sumatera Utara. Danau Toba merupakan danau vulkanik yang terbentuk dari letusan gunung berapi sekitar 77.000 tahun yang lalu.

Danau berukuran raksasa ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Serta danau vulkanik terbesar di muka bumi. Di bagian tengahnya terdapat Pulau Samosir yang biasa dijadikan tujuan pelesir.

SUMBER : wwww.palingkeren.com 102