Menilik Wisata Sejarah Kesultanan Riau-Johor di Tanjung Pinang, traveloblog 120

Menilik Wisata Sejarah Kesultanan Riau-Johor di Tanjung Pinang

Klik Untuk Share    
Tips Wisata dan Jalan Jalan
Sudah Dilihat Oleh : 2924 Pengunjung Satu lagi kawasan wisata yang patut dijadikan destinasi bagi para pelancong, kawasan ini terletak di ujung selatan Pulau Bintan Kepulauan Riau dan bernama Tanjung Pinang. Di kota inilah para pelancong dapat menikmati area dataran rendawh dengan pemandangan aduhai yang ditawarkan. Tanjung Pinang memang tidak menawarkan daerah perbukitan seperti daerah Riau yang ;ain, namun dengan pusat perkotaan yang menarik, destinasi wisata ini mampu membuat para wisatawan terkagum-kagum.

Tanjung Pinang dijadikan sebagai pusat perkotaan dimana setiap pesawat yang mendarat akan berpusat disini. Ibukota dari Riau ini dijadikan sebagai situs sejarah dari masa Kesultanan Riau-Johor karena di tempat inilah masa kejayaan dari kerajaan tersebut berakhir. Jadi para wisatawan dapat menikmati wisata sejarah yang mengagumkan dan mewakili suasana zaman dahulu. Memang beberapa puluh tahun yang lalu saat Indonesia masih dikuasai oleh Belanda, wilayah Tanjung Pinang dijadikan sebagai pusat pemerintahan Belanda. Tak heran jika di kota ini masih tersisa peninggalan masa kolonial, terbukti dengan adanya bangunan kantor Walikota yang memiliki arsitektur khas Belanda.

Salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi di Tanjung Pinang adalah Pulau Penyengat. Di pulau ini wisatawan dapat melihat istana bekas peninggalan Kesultanan Johor-Riau yang sangat mempesona. Selain itu terdapat pula bangunan masjid berwarna kuning yang mdibangun sendiri oleh sultan Riau dengan menggunakan perekat putih telur. Dari kejauahan saja bangunan megah masjid sudah tampak. Salah satu tempat yang tak boleh dilewatkan adalah makam raja Raiau yang dapat dilihat dengan menyewa perahu. Perahu tersebut akan membawa wisatawan berkeliling melihat pemandangan ajaib di sekitar makam.

Selain Pulau Penyengat, para pelancong pun dapat mengunjungi Pulau Seberang yang terletak tak jauh dari Pulau Penyengat. Disini terdapat rumah panggung asli yang memang ditawarkan untuk dijadikan wisata sejarah para pelancong. Di wilayah tersebut juga terdapat rumah-rumah penduduk dengan desain rumah panggung yang mengagumkan. Para pelancong dapat menginap di rumah penduduk untuk menikmati suasana, karena banyak penduduk yang menawarkan rumahnya sebagai homestay para wisatawan.

Tak jauh dari pusat kota Tanjung Pinang, terdapat pula wisata pantai bernama Pantai Trikora yang menyuguhkan suasana laut yang tenang. Di tempat ini banyak pelancong yang memanfaatkan laut untuk memancing karena ombak disana cukup tenang. Di pinggir pantai tampak pasir putih yang turut membuat suasana lebih menarik.

Untuk kuliner, Tanjung Pinang terkenal dengan mie lender yang terdiri dari campuran mi kuning dan mi putih disiram dengan kuah kacang kental. Tak kalah menarik, kuliner laut pun mudah didapatkan disini. Aneka udang dan ikan yang dipadu bumbu khas Cina menjadi ciri khas tersendiri di Tanjung Pinang. Masih mengadopsi budaya Melayu, masakan padang pun seolah tak mau kalah dengan aneka kuliner yang lain.

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa kota Tanjung Pinang memang sangat menarik dan potensial untuk dijadikan destinasi wisata saat libur panjang. Di tempat ini sejarah masa lalu dikemas menarik sehingga menjadi daya tarik bagi pelancong dalam maupun luar negeri. Selamat menikmati indahnya Tanjung Pinang!
120