Mbah Cemplung, Ayam Goreng Ndeso Khas Kasongan, traveloblog 124

Mbah Cemplung, Ayam Goreng Ndeso Khas Kasongan

Klik Untuk Share    
Tips Wisata dan Jalan Jalan
Sudah Dilihat Oleh : 2426 Pengunjung Menginjakkan kaki ke kota Jogja yang penuh sesak dengan aneka kuliner yang beragam pasti membuat kamu kebingungan mencari makanan apa yang pas untuk lidah kamu di siag hari. Jogja memang menawarkan sejuta kuliner yang membuat mata dan petut tak kuasa menahan lapar. Mulai dari makanan khas Jogja sampai khas Itali pun komplit tersedia disini. Bahkan, segala kuliner kaki lima sampai kelas hotel pun tak luput dari pemandangan di Jogja.

Bagi kamu pecinta ayam goreng, tak ada salahnya kamu mampir ke sebuah warung ayam goreng yang terletak di Desa Wisata Kasongan. Warung sederhana bernama Ayam Goreng Mbah Cemplung ini memang tidak menarik dilihat dari luarnya. Namun bergitu melihat halaman parkirnya, kamu akan tercengang melihat puluhan mobil mewah parkir beriringan melengkapi suasana alam desa di depan warung tersebut. Kontras sekali pemadangan yang terlihat, antara mewahnya mobil plat luar kota dengan warung ayam sederhana.

Rupanya Ayam Goreng Mbah Cemplung ini memiliki keistimewaan yang membuat para pecinta kuliner dalam maupun luar kota tertarik untuk mencicipi ayam goreng kampung yang tersedia disini. Dengan iming-iming susana pedesaan yang masih asri, warung ayam goreng ini menyediakan menu ayam goreng kampung yang luar biasa lezat. Sebenarnya tak banyak pilihan menu disini, hanya ada ayam ingkung atau ayam bagian yang sudah dipotong-potong. Namun dengan cita rasa gurih dan asli yang ada pada ayam goreng tersebut membuat para pelanggan tertarik untuk datang lagi ke warung ini.

Untuk harga sendiri, 1 porsi paket ayam dibandrol dengan harga Rp 27 ribu, terdiri dari nasi, ayam goreng, lalap, dan es teh. Cukup mahal memang jika dibayangkan, namun setelah mencicipi rasanya, bayangan mahal tersebut musnah seketika. Rumah makan ini cocok untuk membawa tamu dari luar kota yang hendak mencicipi makan di warung ayam yang bernuansa "ndeso". Selain itu membawa anggota keluarga besar untuk makan disini juga sangat tepat.

Bentuk warung ini sangat sederhana, hanya bangunan setengah jadi yang belum bereternit dipadu dengan kayu zaman dulu membuat dekorasi rumah makan ini terlihat seperti di desa, karena memang konsep yang ditawarkan adalah konsep warung desa. Meskipun demikian, pemilik warung ini mampu meraih omset ratusan juta perbulannya karena warung ini memang sangat laris.

Jika kamu tertarik untuk makan di Ayam Goreng Mbah Cemplung, kamu bisa mengendarai mobil pribadi maupun kendaraan umum seperti becak atau taksi. Untuk transportasi bus tidak ada, karena memang jalur untuk masuk ke desa ini cukup terpencil. Dari pntu gerbang Kasongan, kamu bisa menuju ke desa Sembungan, disinilah letak ayam goreng fenomenal tersebut. Setelah puas menikmati ayam goreng yang lezat, kamu bisa berkeliling ke desa wisata Kasongan untuk melihat kerajinan gerabah khas penduduk yang dijual pada masyarakat. Disini terdapat banyak bule yang belajar membuat kerajinan tersebut, bahkan para bule tersebut banyak yang menjadi pengrajin gerabah asli di wilayah Kasongan tersebut. 124