Pesona Alam Danau Tamblingan yang Melenakan, traveloblog 126

Pesona Alam Danau Tamblingan yang Melenakan

Klik Untuk Share    
Tips Wisata dan Jalan Jalan
Sudah Dilihat Oleh : 1966 Pengunjung

Menikmati panorama alam khas Bali yang berhiaskan bentangan Gunung Lesung membuat danau yang berada di kawasan Buleleng Bali ini cocok dijadikan destinasi wisata. Danau Tamblingan yang merupakan hiasan dari Gunung Lesung ini merupakan salah satu dari 3 danau yang mnegelilingi gunung tersebut. Dua danau lain yaitu Danau Beratan dan Danau Buyan yang juga menjadi saksi indahnya pemandangan alam gunung.

Danau Tamblingan patut dikunjungi oleh para pelancong yang doyan dengan alam asri serta tertarik untuk berkeliling melihati pura-pura zaman lampau yang dijadikan tempat ibadah umat Hindu di Bali. Pura kuno tersebut dapat pula dijadikan sebagai wisawa sejarah bagi para pelancong. Pura yang berdiri pada masa pra-Hindu ini menjadi saksi munculmya agama Hindu di Indonesia pada abad ke 9 masehi. Pura yang dapat dikunjungi berjumlah 13 pura yang masing-masing memiliki cerita tersendiri.

Letak Danau Tamblingan berada di sebuah desa yang bernama Desa Munduk di wilayah Kabupaten Buleleng Bali. Jika dilihat dan dibandingkan dengan danau lain di Pulau Bali, danau ini dapat dikatakan cukup kecil karena hanya memiliki kedalaman 90 meter dengan luas permukaan sekitar 1,5 kilometer. Namun danau yang kecil ini tampak sangat bersahabat dengan alam terlihat dari kenampakan alam berupa pohon dan bunga yang turut menghiasi wilayah sekitar danau. Tak jauh dari Danau Tamblingan juga terdapat sekawanan kera yang hidup di jalan sehingga para pelancong dapat menikmati dan bermain bersama kera di tepi jalan menuju danau ini. Namun perlu berhati-hati karena kera yang terdapat disini cukup agresif untuk mengajak pengunjung yang datang sehingga harus tetap waspada dengan segala kemungkinan.

Dengan segala fasilitasnya, danau yang sering dijadikan tempat untuk pemotretan ini mengajak para pelancong untuk tracking di sekitar wilayah danau. Jalur untuk tracking di wilayah ini cukup simpel dan tidak rumit, pasalnya jalanan tidak berliku dan sudah mulus. Para pelancong dapat melewati rindangnya pepohonan yang turut menemani perjalanan, serta keramahan penduduk sekitar yang sangat bersahabat. Berkemah juga merupakan salah satu kegiatan mengasyikkan yang dapat dilakuakn disini. Mendirikan tenda sambil menimati malam yang senyap patut dijadikan pilihan liburan bagi wisatawan yang hendak melepaskan penat.

Selain itu, di Danau Tamblingan juga terdapat perahu treadisional yang dapat disewa untuk berkeliling di sekitar danau. Perahu ini sebenarnya milik para nelayan yang biasa menangkap ikan di danau, namun jika berkenan dapat disewakan pada ara pelancong yang ingin menikmati keindahan alam danau. Setelah puas berkeliling danau, terdapat juga taman burung yang dapat dikunjungi. Disana terdapat banyak burung beraneka rupa yang siap untuk dijadikan obyek untuk berwisata.

Setelah puas menikmati panorama alam di danau, para pelancong dapat menikmati aneka kuliner khas Tamblingan. Kuliner tersebut berupa timbungan ayam dan sayur ares yang dihdangkan menggunakan batang pisang. Kuliner seperti ini memang tak dapat dipisahkan dengan corak dan suasana Bali yang sanagt unik. Untuk menikmati makanan khas ini pun tidak sulit, banyak warung dan restoran sekitar yang menyediakan menu ini.