Prague, Kota Tua Eropa Timur Yang Cantik, traveloblog 145

Prague, Kota Tua Eropa Timur Yang Cantik

Klik Untuk Share    
Tips Wisata dan Jalan Jalan
Sudah Dilihat Oleh : 2692 Pengunjung

Traveling ke Eropa adalah impian bagi sebagian besar orang. Banyak orang yang tertarik akan sejarah dan kecantikan arsitektur di benua biru ini. Apabila mayoritas traveler banyak mengunjungi kota-kota ‘mainstream’ di Eropa seperti London, Paris dan Amsterdam, maka saya ingin memberikan satu destinasi alternatif yang tidak kalah menarik.

Prague adalah destinasi tersebut.

Prague atau biasa juga disebut dengan Praha, adalah ibukota dari Republik Ceko, sebuah negara di Eropa Timur yang kaya akan sejarah dan budaya Bohemia. Untuk jalan jalan ke prague, kamu dapat menggunakan berbagai alternatif transportasi seperti pesawat terbang maupun kereta api (apabila anda berangkat dari negara Eropa daratan).

Perlu diperhatikan juga bahwa biaya selama di Prague tidak menggunakan mata uang Euro, melainkan Czech Koruna. Akan tetapi, secara general harga-harga makanan dan tempat wisata di Prague relatif lebih murah dibandingkan negara Eropa lainnya, oleh karena itu anda tidak perlu terlalu banyak menukarkan Euro anda apabila ingin melanjutkan perjalanan anda ke negara Eropa lainnya.

Cara mencapai pusat kota Prague

Untuk anda yang datang ke Prague menggunakan pesawat ke Václav Havel airport, ada beberapa pilihan transportasi yang dapat digunakan. Pilihan yang paling cepat adalah menggunakan bus no.119 atau no.100.


source: http://www.pragueairport.co.uk/public-transport-from-to-the-airport/

Dengan bus no.119 ini anda akan berhenti di terminal terakhir bernama Dejvická, di mana anda harus pindah ke Metro line A untuk mencapai pusat kota (turunlah di stasiun Staromestská apabila tujuan anda adalah Old Town Square). Apabila anda menggunakan bus no.100, anda akan berhenti di terminal Zlícín dan melanjutkan dengan Metro Line B. Dengan Metro ini anda dapat turun di stasiun Mustek (Wenceslas Square) atau Florenc (terminal bus utama).

Tetapi apabila anda datang setelah jam 23.00, anda kemungkinan harus menggunakan kombinasi bus malam dan tram malam (karena public transport berhenti beroperasi sekitar jam 23.40 pm).

Untuk menggunakan bus tersebut menuju pusat kota anda harus membeli tiket bus terlebih dahulu di counter Prague Public Transport. Counter tersebut biasanya terdapat di area kedatangan airport Prague dan buka dari jam 07.00 – 22.00. Apabila anda datang setelah jam 22.00, anda harus membeli tiket dari supir bus dengan harga yang lebih mahal.


source: http://www.pragueairport.co.uk/public-transport-from-to-the-airport/

Harga tiket bus tersebut adalah CZK 32 (dewasa) dan CZK 16 (anak-anak). Apabila anda membawa koper yang besar ketika jalan-jalan ke Prague, kemungkinan anda harus membayar tambahan sebesar CZK 16. Apabila anda tidak ingin repot, anda dapat membeli tiket day pass sebesar CZK 110 (24-hour pass) atau CZK 310 (3 day pass).

Beberapa obyek wisata apabila anda jalan-jalan ke Prague:

1. Prague Castle

Alamat: 119 08 Prague 1, Czech Republic

 

Beberapa tempat yang dapat dilihat di Prague Castle ini adalah St. Vitrus Cathedral, Lobkowicz Palace, dan prosesi Changing Guards. Karena tempat ini terletak di atas bukit, spot ini sangat strategis untuk mendapatkan view kota Prague yang cantik.

2. Charles Bridge

Alamat: Karluv most, 110 00 Praha 1, Czech Republic

 

Jembatan ini merupakan salah satu landmark kota Prague yang menghubungkan area Prague Castle dengan area Old Town. Jembatan ini sering dijadikan obyek foto dari atas Prague Castle bersama dengan jembatan-jembatan lain yang melintasi sungai Vlatava.

3. Old Town Square

Alamat: Staromestské námestí, 110 00 Praha 1, Czech Republic

 

Ini merupakan pusat kota Prague dan tempat mainstream untuk para turis. Di daerah ini kamu dapat menjumpai beberapa obyek wisata seperti Astronomical Clock maupun tempat-tempat makan (meskipun saya tidak merekomendasikan untuk makan di area ini karena harganya yang cukup mahal).

4. Astronomical Clock

Alamat: Staromestské námestí 1, 110 00 Praha 1, Czech Republic

 

Biasa disebut juga sebagai Prague Orloj, jam raksasa ini merupakan daya tarik kota Prague yang terletak di Old Town Square. Jam yang didirikan sejak tahun 1410 ini merupakan astronomical clock tertua ketiga di dunia.

5. Rudolfinum

Alamat: Alšovo nábre┼żí 12, 110 00 Praha 1, Czech Republic

 

Apabila anda pecinta musik, maka Rudolfinum wajib untuk anda kunjungi. Auditorium musikal ini merupakan ‘rumah’ bagi Czech Philharmonic Orchestra sejak tahun 1946 dan merupakan salah satu concert hall tertua di Eropa.

6. Na príkope (Prague Shopping Street)

 

Untuk anda yang suka shopping, jalan ini sangat cocok untuk anda datangi. Berbagai macam toko-toko beserta tempat makan internasional dapat anda temui di jalan ini.

145