Blog/ 5 Jenis Usaha Sampingan Buat Tour Guide/Tour Leader

5 Jenis Usaha Sampingan Buat Tour Guide/Tour Leader

Peluang-Usaha-Untuk-Para-Tour-Guide

Sebagai seorang tour guide atau pemandu wisata mempunyai tugas yang cukup banyak. Tidak hanya menemani wisatawan, seorang pemandu wisata juga dituntut untuk mengerti segela sesuatu yang berkenaan dengan program liburan termasuk masalahan akomodasi, Tiket penginapan, tempat makan, dan lain sebagainya. Meski banyak diantaranya yang menjadikan profesi pemandu wisata sebagai pekerjaan sampingan, namun sebenarnya profesinya ini menyimpan banyak pengembangan potensi diri.

Sebagai contoh menjadi pemandu wisata dapat meningkatkan kemampuan komunikasi serta pengetahuan dunia pariwisata kita. Terlebih jika kita memkhususkan diri menangani klien wisatawan asing, semakin berkembanglah kemampuan berbahasa kita. Jika kita lebih jeli, untuk para pemandu wisata sebenarnya ada beberapa peluang usaha yang dapat dijalani sesuai dengan potensi diri kita.

Dan, berikut ini 5 peluang usaha sampingan yang bisa Anda jalani:

1. Bisnis Penukaran Uang

Dengan makin berkembangnya sektor pariwisata nasional, kini semakin meningkat pula kunjungan dari wisatawan asing ke berbagai obyek wisata popular.  Sebagai seorang pemandu wisata hal ini bisa dimanfaatkan dengan cara membuka jasa penukaran mata uang asing. Menjadi ujung tombak bisnis wisata, seorang tour guide tentu mempunyai waktu yang lebih banyak untuk dihabiskan bersama para wisatawan asing.

Nah tentunya selama perjalanan, para klien kita tersebut membutuhkan uang dalam pecahan rupiah untuk digunakan berbagai hal. Di sinilah peluang kita membuka jasa penukaran uang dadakan bahkan tak menutup kemungkinan membuka unit penukaran uang yang lebih besar.

2. Bisnis Kerajinan

Peluang berikutnya adalah dengan membuka bisnis kerajinan. Dengan pengalaman sebagai pemandu wisata tentunya kita sudah hafal, kerajinan seperti apa yang banyak diminati wisatawan. Nah dari pada membuka peluang untuk orang lain, kenapa tidak kita mengambil peluang itu sendiri.

Dengan mendirikan usaha kerajinan popular kita bisa menambah pemasukan kita. Lebih besar lagi, kita bisa memperkenalkan dan menjalin peluang usaha kerajinan hingga ke luar negeri.

3. Bisnis Jasa Transportasi

Peluang bisnis berikutnya adalah membuka jasa transportasi. Kebutuhan akan transportasi yang aman dan nyaman tentu menjadi harapan para wisatawan baik lokal maupun asing. Disini koneksi kita dengan berbagai penyedia paket wisata bisa dimanfaatkan. Penyedia paket wisata menjadi supplier permintaan dan kita yang menjadi penyedia layanan.

Namun yang perlu diperhatikan adalah untuk menjalankan bisnis ini tentu memerlukan modal yang tidak sedikit. Kita bisa memulai dengan satu unit kendaraan yang sekaligus kita sendiri yang menjadi pemandu wisatanya. Perlahan usaha tersebutpun dapat berkembang jika kita fokus menjalankannya.

4. Menjadi Pengajar

Peluang  usaha berikutnya adalah menjadi pengajar. Pengalaman kita menjelaskan sejarah serat berbagai hal tentang tempat wisata tentu membuat pengetahuan kita bertambahan. Dengan modal tersebut, kita juga bisa mengambil kesempatan sebagai seorang pengajar. Memang pengetahuan yang kita dapatkan bukanlah pengetahuan formal, namun dengan pengetahuan tersebut kita bisa menjadi seorang pengajar yang baik.

Lebih besar lagi, peluang ini juga bisa dikembangkan dalam bidang akademik lain seperti membangun sekolah pariwisata sendiri. Seperti kita ketahui, saat ini potensi wisata di Indonesia berkembang begitu pesat. Terutama bagi yang tinggal di kota tujuan wisata utama seperti Bali, Yogyakarta, Lombok dan lain-lain, potensi membuat sekolah paiwisata nampaknya masih terbuka lebar.

5. Menjadi Penulis

Untuk peluang yang terakhir ini, mungkin sudah banyak yang melirik potensinya. Kini tren penulis wisata sudah sangat berkembang. Banyak mereka yang berjiwa muda dan menyukai berpergian, menjadi penulis wisata adalah peluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Terlebih untuk seorang pemandu wisata, tentu hal-hal yang kita tulis bisa semakin terfokus dan mendalam.

Jika telah mempunyai tulisan yang dirasa cukup menarik, kita bisa memberikannya pada media cetak atau online dengan tema sejenis. Dari situ kita bisa mengembangkan potensi menulis kita, jika beruntung kita bisa membuat buku dan menjadi penulis terkenal, keren bukan.

Profesi apapun yang kita kerjakan, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa konsisten dan memberikan fokus penuh pada pekerjaan tersebut. Cintai apa yang kita kerjakan, maka pekerjaan kita pun akan mencintai kita dengan memberikan hasil yang kita harap-harapkan.

Sudah Dibaca Oleh Pengunjung
Diposting Pada Tanggal 10/03/2015 2:59:10
Diposting Oleh eveline@tr*****

Artikel Lainnya

Blog Wisata
10 Restoran Romantis Yang Ga Boleh Dilewatkan
17/05/2017 2:47:47
Pengunjung
   
Blog Wisata
10 Tips Menghemat Uang Saat Travelling
10/03/2015 3:08:26
2538 Pengunjung
   
Blog Wisata
11 Film Yang Membuat Kamu Ngebet Untuk Traveling
16/03/2015 22:04:43
2417 Pengunjung
   
Blog Wisata
12 Hal Yang Bisa Kamu Temuin di Bandung
30/04/2015 20:27:21
3396 Pengunjung
   
Blog Wisata
4 Alasan Yang Membuat Aku Selalu Kembali Ke Dieng
20/01/2016 22:44:54
2346 Pengunjung
   
Blog Wisata
5 Hal Yang Membedakan Petualang dan Orang Rumahan
30/04/2015 20:40:29
1597 Pengunjung
   
Blog Wisata
5 Tipe Penumpang Kereta Ekonomi, Yang Sering Kita Temui
10/03/2015 3:15:57
2057 Pengunjung