Blog/ Mau Awet Muda? Coba di 5 Pemandian Ini..

Mau Awet Muda? Coba di 5 Pemandian Ini..

0Sha

Anda ingin awet muda? Selain melakukan perawatan dan rajin olahraga, ternyata ada beberapa mitos tertentu yang diyakini bisa membuat seseorang awet muda. Ya, hanya dengan mandi dan cuci muka di sumber air yang dianggap keramat dan memiliki khasiat. Penasaran? Cobalah berkunjung ke pemandian-pemandian yang ada di kota Malang berikut.

1.    Pemandian Ken Dedes
[Image: pemandian-ken-dedes.jpg]

Pemandian Ken Dedes terletak di daerah Singosari tepatnya di Jalan Ken Dedes, Singosari, atau sekitar 1 km dari arah barat Candi Singosari. Pemandian ini juga sering disebut dengan Petirtaan Watu Gede. Konon Pemandian Ken Dedes merupakan tempat pertemuan antara Putri Ken Dedes dengan Ken Arok. Dahulu, pemandian atau petirtaan ini merupakan tempat bermain dan mensucikan diri (kaputren) para putri raja.

Dibangun pada sekitar tahun 1200-an, masa dimana Kerajaan Singosari berjaya di Jawa, pemandian ini menghadirkan suasana sejuk serta air yang jernih. Tak hanya itu, Pemandian Ken Dedes juga dipercaya dapat membuat awet muda dan terlihat segar bagi siapa saja yang mandi di tempat ini. Pemandian Ken Dedes menyediakan beberapa fasilitas seperti kolam renang untuk anak-anak maupun dewasa, papan seluncuran, kereta mini, ayunan, jungkat-jungkit, dan stand makanan. Tiket masuk ke pemandian ini sebesar Rp 6.000.
Peta lokasi. View Larger Map

2.    Pemandian Dewi Sri
[Image: Pemandian_Dewi_Sri_5.jpg]

Pemandian Dewi Sri terletak di Dusun Lebaksari, Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Pemandian ini berjarak kurang lebih 29 km dari kota Malang. Tepatnya di tepi Jalan Abdul Manan, Pujon, yang menjadi lintasan utama Malang-Jombang-Kediri. Sumber air dari Pemandian Dewi Sri yang sangat segar ini bersih dan sehat karena tidak dicampur dengan bahan kimia apapun. Bahkan meskipun musim hujan, air dari sumber ini tak pernah keruh.

Selain terkenal dengan kesegaran airnya, konon banyak orang yang mempercayai bahwa air dari Pemandian Dewi Sri dapat menyembuhkan penyakit rematik dan bisa membuat awet muda. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dengan membawa jerigen guna mengambil air dari Pemandian Dwi Sri. Tarif untuk memasuki sumber air dan kolam Pemandian Sri adalah Rp 3.000 per orang. Fasilitas yang ada di pemandian ini antara lain dua kolam renang untuk dewasa anak-anak, taman dan hutan lindung, restoran, pasar bunga, pasar buah dan sayur, toko cindera mata atau souvenir, serta area parkir yang luas.
Peta lokasi. View Larger Map

3.    Pemandian Air Panas Cangar
[Image: pemandian-air-panas-cangar2.jpg]

Pemandian Air Panas Cangar terletak di kaki Gunung Welirang, tepatnya di dusun Cangar, Sumber Brantas, Bumiaji, Batu. Di area wisata air panas ini terdapat banyak satwa monyet seperti halnya kawasan asri lainya. Hal itu menjadikan area ini tampak alami. Oya, di sini juga terdapat gua peninggalan zaman Jepang tahun 1942 – 1945. Konon pemandian air panas Cangar ini banyak mengandung khasiat, seperti bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit serta membuat awet muda.

Fasilitas di area Pemandian Cangar antara lain beberapa kolam renang, taman bermain, camping ground, villa dan aula, flying fox, dan kuliner. Objek wisata yang masuk dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (TAHURA) R. Soerjo ini memang cukup ramai, khususnya pada hari libur atau akhir minggu. Pengunjung yang datang biasanya rombongan atau keluarga yang sengaja ingin beristirahat sambil menikmati berendam di air panas. Harga tiket masuk ke lokasi Pemandian Cangar terbilang murah yaitu Rp 5.500 per orang.

4.    Sumber Biru dan Sumber Nagan
[Image: sumber-nagan-memoarema.jpg]

Sumber Biru dan Sumber Nagan merupakan sebuah situs bersejarah yang memiliki nilai historis tinggi. Nuansanya masih alami. Letak kedua situs ini bersebelahan di tepi Sungai Klampok yaitu di Dusun Biru, Desa Gunungrejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Berkunjung ke sini, wisatawan akan merasa seolah-olah kembali ke masa kejayaan Kerajaan Singasari dan terhanyut serta larut dalam kisahnya.

Konon, di sumber air inilah Mpu Gandring mensucikan keris hasil tempaannya. Hinggga kini, di Sumber Biru dan Sumber Nagan diyakini masih terdapat banyak benda pusaka Mpu Gandring yang masih terpendam. Tak hanya itu, kedua situs ini dipercaya mempunyai air kahuripan (air kehidupan) yang mampu mengobati segala macam penyakit jasmani maupun rohani, termasuk membuat siapapun yang mandi di sini bisa awet muda. Menurut juru kuncinya, sugesti itu telah banyak terbukti kebenarannya. Nilai historis yang tinggi serta mitos tersebut membuat dua sumber mata air ini sering didatangi banyak pengunjung.
Peta lokasi. View Larger Map

5.    Pemandian Sumber Urip dan Sumber Manggis
[Image: pemandian-di-gunung-kawi-wisatanengalam.blogspot.jpg]

Letak Pemandian Sumber Urip dan Sumber Manggis berdekatan, tidak jauh dari Pesarean Gunung Kawi. Sekitar 500 meter dengan kontur berada di bawah arah timur dari pesarean. Konon, di tempat tersebut Eyang RM I

Sudah Dibaca Oleh Pengunjung
Diposting Pada Tanggal 28/03/2015 1:45:41
Diposting Oleh eveline@tr*****

Artikel Lainnya

Blog Wisata
10 Restoran Romantis Yang Ga Boleh Dilewatkan
17/05/2017 2:47:47
Pengunjung
   
Blog Wisata
12 Hal Yang Bisa Kamu Temuin di Bandung
30/04/2015 20:27:21
3396 Pengunjung
   
Blog Wisata
4 Alasan Yang Membuat Aku Selalu Kembali Ke Dieng
20/01/2016 22:44:54
2346 Pengunjung
   
Blog Wisata
5 Hal Yang Membedakan Petualang dan Orang Rumahan
30/04/2015 20:40:29
1597 Pengunjung
   
Blog Wisata
6 Lokasi di Bali Yang Selalu Bikin Kenangan Manis
28/03/2015 1:55:12
2514 Pengunjung
   
Blog Wisata
Air Terjun telun berasap di kabupaten kerinci
01/12/2015 21:35:19
1742 Pengunjung
   
Blog Wisata
ALASAN KENAPA KAMU HARUS KE BANYUWANGI
08/11/2015 18:50:15
1547 Pengunjung