Blog/ Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta pantai Bernuansa bali

Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta pantai Bernuansa bali

Lokasi Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro,kecamatan Saptosari,Kabupaten
Gunungkidul,Yogyakarta
dan pantai ini masih bedekatan dengan tiga pantai lainya yaitu,Pantai Ngrenehan,Pantai Ngobaran dan Panti Nguyahan. Pantai Ngobaran merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di gugusan laut pantai selatan 2 km dari pantai Ngrenehan.

Pantai ini sangat indah jika air surut maka tampaklah kolam kolam kecil yang terbentuk dari karang karang yang tertutp oleh alga (rumput laut yang hijau sebagai bahan baku kosmetik) dan terdapat banyak biota laut lainnya yang mungkin terjebak di kolam karang tersebut. Hal inilah yang menopanng kehidupan nelayan darat yakni para nelayan yang tidak memerlukan kapal atau perahu untuk mendapatkan hasil laut cukup beraktifitas dipinggir pantai. Biota laut yang sering di dapat adalah Lobster, landak laut, kerang-kerangan, bintang laut dan rumput laut itu sendiri tentunya


Pantai Ngobaran adalah pantai yang memiliki sejarah panjang karena berkaitan dengan sejarah akhir kerajaan Majapahit dan zaman kerajaan Islam di indonesia dan nama pantai Ngobaran pun berasl dari kata Kobaran yang berarti terbakar,hemz kayaknya seru ya.oh ya ini dia foto-foto yang menunjukan kalau pantai ngobaran emang masih ada kaitanya dengan Kerajaan Majapahit



 
Nah lo sekarang pecaya gak kalau pantai ngobaran adalah Balinya Gunungkidul,kalau kurang percaya kita lanjutin artikel kita. di bagian dalam gapura tadi disana anda akan menemukan banyak patung dan arca yang membentuk formasi tapi gue gak tahu formasi apa.dan ada beberapa arca yang tidak asing sering gue lihat di televisi dan tempat-tempat yang msaih berhubungan dengan agama hindu seperti patung Ganesha,patung Brahma ,patung Syiwa dan sebagainya.dan di sudut bangunan ada patung  wisnu yang sedang menaiki seekor garuda yang menghadap ke arah laut,hemz serukan ceritanya.tapi hati-hati ya kalau melewati sekitar tempat ini soalnya kadang ada bekas-bekas sejaji di sekitar nya ,biasanya bekas sesaji  ada di sudut tempat ini.kayaknya sembahyang yang masih bersifat kejawen.

Nah lo ngomong-ngomong soal ajaran kejawen di tempat itu sejarahnya gini nih,Ajaran kejawen bermula saat Raja Brawijaya bersama salah seorang putranya yaitu Bondan Kejawan Meninggalkan Majapahit dan berjalan ke arah barat dan singgah di pantai ini.semasa Bondan Kejawan tinggal di tempat ini terjadi interaksi masyarakat sekitar dengan pangeran bondan,kemudian tutur kata dan perbuatan pangeran itu di kenang oleh masyarakat sekitar.dan sampai saat ini di kenal sebagai aliran kepercayaan kejawen.

Di sekitar Pantai ngobaran juga masih ada bangunan joglo tempat aliran Kejawen beribadah,dan pura tempat beribadah pemeluk agama hindu dan juga masjid tempat beribadah umat muslim.namun ada yang aneh dengan masjid ini.masjid ini tidak menghadap ke timur tapi menghadap ke arah laut atau ke selatan,namun arah kiblatnya tetap sama ke arah barat,wow menarik bukan gak hanya itu keindahan pantainya juga gak kalah menariknya dengan sejarahnya,di sana kita bisa menjumpai rumput laut yang hijau saat air laut sedang turun
Bener-bener Balinya gunungkidul bukan,yah kalian boleh aja gak percaya,tapi kalau kalian udah kesana hemz gak akan nyangka deh.so pasti klepek-klepek ckckckckck.emang sih kalau mau ketempat ini agak jauh soalnya gugusan ketiga pantai itu berada di sebelah barat.dan jalanya pun masih banyak yang rusak,udah dulu ya ceritanya semoga bermanfaat buat kita semua.dan selamat bekunjung ke gunungkidul.dan nikmati wisata-wisata lainya.dan kalau ada kritik dan saran silahkan berikan komentar di kotak komentar.ingat yah budayakan kometar yang baik. Buat yang mau menginapa ini rekomenasi Hotel dekat pantai indrayanti ga jauh-jauh amat sama pntai ngobaran. berikut ini saya lampirkan untuk peta lokasi pantai ngobarann.

Sudah Dibaca Oleh Pengunjung
Diposting Pada Tanggal 07/04/2015 17:38:34
Diposting Oleh friterband*****

Artikel Lainnya

Blog Wisata
10 Restoran Romantis Yang Ga Boleh Dilewatkan
17/05/2017 2:47:47
Pengunjung
   
Blog Wisata
12 Hal Yang Bisa Kamu Temuin di Bandung
30/04/2015 20:27:21
3396 Pengunjung
   
Blog Wisata
4 Alasan Yang Membuat Aku Selalu Kembali Ke Dieng
20/01/2016 22:44:54
2346 Pengunjung
   
Blog Wisata
5 Hal Yang Membedakan Petualang dan Orang Rumahan
30/04/2015 20:40:29
1597 Pengunjung
   
Blog Wisata
Air Terjun telun berasap di kabupaten kerinci
01/12/2015 21:35:19
1742 Pengunjung
   
Blog Wisata
ALASAN KENAPA KAMU HARUS KE BANYUWANGI
08/11/2015 18:50:15
1547 Pengunjung
   
Blog Wisata
apa sih enaknya open trip?
04/11/2015 14:12:28
1827 Pengunjung