WISATA BOYOLALI, KEINDAHAN TERSEMBUNYI JAWA TENGAH-traveloista blog
Blog/ WISATA BOYOLALI, KEINDAHAN TERSEMBUNYI JAWA TENGAH

WISATA BOYOLALI, KEINDAHAN TERSEMBUNYI JAWA TENGAH

Tempat Wisata di Boyolali yang Perlu Anda Tahu, Tempat Wisata Terindah - Boyolali merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Kabupaten ini dahulu tergabung dalam karesidenan Surakarta atau Solo. Lokasi Kabupaten Boyolali juga berdekatan dengan Kota Solo, yaitu sebelah Utara Kota Solo ke arah Semarang. Boyolali dikenal oleh masyarakat Jawa Tengah sebagai penghasil susu sapi. Di kabupaten ini banyak ditemukan peternak susu yang memproduksi susu sapi yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan pembuat susu. Selain dijual ke perusahaan susu, biasanya ada juga yang dijual langsung ke konsumen sebagai susu segar atau dijajakan di pinggir jalan dengan ditambah aneka rasa.
Kabupaten Boyolali Jawa Tengah sebenarnya memiliki potensi pariwisata yang cukup banyak, namun memang keberadaannya kurang terekspos sehingga kurang diminati oleh wisatawan. Hal itu menyebabkan pengunjung tempat wsiata di Kabupaten Boyolali didominasi oleh wisatawan lokal saja. Selebihnya mereka biasanya lebih tertarik berkunjung ke tempat wisata yang ada di Solo ataupun Yogyakarta.  Berikut adalah 12 Tempat Wisata di Boyolali yang Perlu Anda Tahu.

1. Wisata Tlatar

Tlatar merupakan sebuah Dukuh yang beralamat lengkap di Dukuh Tlatar Desa Kebonbimo, Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Di kawasan wisata Boyolali ini terdapat 2 buah pemandian dengan mata air yang sangat jernih. Pemandian ini adalah Pemandian Umbul Pengilon dan Pemandian Umbul Asem. Setiap menjelang Bulan Raadhan, ada tradisi menarik di pemandian ini yaitu "Padusan". Dimana masyarakat akan berduyun-duyun melakukan mandi bersama di tempat pemandian dengan tujuan untuk mensucikan badan dan jiwa untuk memasuki Bulan Puasa. Selain pemandian terdapat juga beberapa pemancingan dan rumah makan yang menyediakan menu ikan air tawar seperti lele, nila, gurameh dan mujair. Masakan di sini sangat enak, sehingga banyak rombongan yang berdatangan untuk melakukan kegiatan tertentu beik syukuran, ulang tahun, komunitas, reuni dll.

2. Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

  Gunung Merapi dan Merbabu merupakan 2 buah gunung besar yang terletak berdampingan. Di sela kedua gunung tersebut terdapat salah satu kecamatan yang masih masuk dalam Kabupaten Boyolali, yaitu Kecamatan Selo. Di kawasan ini terdapat pos pendakian menuju Puncak Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Namun yang paling ramai adalah pendakian Gunung Merapi, karena dari Selo hanya dibutuhkan waktu sekitar 4 jam Sedangkan untuk mencapai Puncak Merbabu dari Selo dibutuhkan waktu 8 jam. Sehingga untuk mendaki Gunung Merbabu banyak yang memilih memulai dari Kopeng. Jalur Selo juga merupakan jalur yang menghubungkan Kota Boyolali dengan Kota Magelang. Jika anda melewati jalur ini maka anda akan mendapati pemandangan yang sangat indah. Puncak kedua gunung dapat terlihat jelas. Apalagi Puncak Merapi yang ujungnya dipenuhi lahar dingin berwarna putih masih terlihat dengan jelas. Namun anda juga harus hati-hati karena jalur ini cukup berbahaya.

3. Pemandian Umbul Pengging

Pemandian Umbul Pengging adalah obyek wisata di Boyolali selanjutnya yang akan kita bahas. Pemandian ini terletak di Desa Pengging, Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Kawasan wisata Umbul Pengging ini terdapat beberapa pemandian dengan gaya arsitektur yang masih kuno. Pemandian ini memiliki nilai historis yang tinggi. Konon katanya Pemandian ini merupakan tempat peristirahatan Raja Kasunanan Surakarta. Pemandian yang ada di dalam kompleks Pengging itu juga dipergunakan untuk pemandian keluarga kerajaan.

4. Air Terjun Kedung Kayang

Wisata Air Terjun Kedung Kayang ini merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki pemandangan yang sangat indah yaitu berupa air terjun yang lumayan deras. Lokasi Air Terjun Kedung Kayang ini beraa di antara dua Gunung yaitu Merbabu dan Merapi. Keberadaan tempat wsiata ini juga banyak menjadi perdebatan karena berada di perbatasan dua wilayah yaitu Magelang dan Boyolali. Sampai saat ini kami sendiri belum mengerti yang sebenarnya pengelolaan obyek wisata ini dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Boyolali ataukah Magelang. Lokasi Air Terjun Sawangan ini berad di perbatasan antara  Desa Wonolelo, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang dan Desa Klakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali.

5. Waduk Badhe

Di Boyolali juga terdapat waduk yang dijadikan sebagai tempat wisata. Ada beberapa waduk diantaranya adalah Waduk Badhe. Waduk Badhe merupakan tempat wisata di Boyolali yang terdapat di Desa Badhe, Kecamatan Klego Boyolali. Waduk Badhe dibangun untuk keperluan irigasi, perikanan dan juga sebagai tempat wisata bagi masyarakat Boyolali dan sekitarnya.


6. Waduk Cengklik

Selain Waduk Badhe, Kabupaten Boyolali juga memiliki sebuah waduk lain yang bernama Waduk Cengklik. Tempat Wisata Waduk Cengklik ini terdapat di Dukuh Cengklik, Desa Sobokerto, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah. Destinasi Wisata di Boyolali ini sebenarnya lebih diperuntukkan bagi pehobi mancing, karena di tempat ini banyak yang memanfaatkan waduk untuk memancing. Namun jika anda  ingin menikmati suasana dan
Sudah Dibaca Oleh Pengunjung
Diposting Pada Tanggal 04/11/2015 17:03:01
Diposting Oleh hanggar@tr*****

Artikel Lainnya

Blog Wisata
10 Restoran Romantis Yang Ga Boleh Dilewatkan
17/05/2017 2:47:47
Pengunjung
   
Blog Wisata
4 Alasan Yang Membuat Aku Selalu Kembali Ke Dieng
20/01/2016 22:44:54
2346 Pengunjung
   
Blog Wisata
Air Terjun telun berasap di kabupaten kerinci
01/12/2015 21:35:19
1742 Pengunjung
   
Blog Wisata
ALASAN KENAPA KAMU HARUS KE BANYUWANGI
08/11/2015 18:50:15
1547 Pengunjung
   
Blog Wisata
ARMOR KOPI, SENSASI NGOPI DI TENGAH HUTAN BANDUNG
17/01/2016 13:33:01
2494 Pengunjung
   
Blog Wisata
BUNGA SAKURA INI BUKAN DI JEPANG ! TAPI DI CIBODAS LHO
21/12/2015 13:41:52
1914 Pengunjung
   
Blog Wisata
cara mudah mengurus visa ke australia
09/11/2015 15:03:25
1675 Pengunjung
   
Blog Wisata
Erix Endang Soekamti Sebuah Keindahan Bawah Laut Papua
05/04/2017 12:03:48
56 Pengunjung