NGGAK PERLU KE AMERIKA UNTUK MELIHAT NIAGARA, DATANG AJA KE AIR TERJUN MORAMO-traveloista blog
Blog/ NGGAK PERLU KE AMERIKA UNTUK MELIHAT NIAGARA, DATANG AJA KE AIR TERJUN MORAMO

NGGAK PERLU KE AMERIKA UNTUK MELIHAT NIAGARA, DATANG AJA KE AIR TERJUN MORAMO

Air terjun Moramo merupakan salah satu obyek wisata alam terindah di Nusantara ini, yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kombinasi antara keindahan air terjun dengan berbagai jenis aneka satwa serta tempatnya yang berada dalam areal hutan lindung, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ketempat tersebut, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Air terjun Moramo, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Foto : blogspot.com)

Ditempat tersebut dari ketinggian sekitar 100 meter, terbentuklah air terjun sangat menakjubkan, yang memiliki ciri khas tersendiri. Bentuknya bertingkat, terdiri dari 7 tingkatan utama dan 60 tingkatan kecil.

Dari setiap tingkatan, menumpahkan dan meluncur air jernih dengan derasnya yang disertai suara gemericik, menciptakan suatu harmoni alam yang membuat suasana hati dan pikiran menjadi tentram.

Memang, air terjun yang berada dalam kawasan hutan lindung Suaka Alam Tanjung Peropa dengan luas 38.937 hektar itu, suasananya sangat tenang. Dan sangat cocok bagi anda yang ingin menghindari keramaian kota untuk sementara waktu.

Bebatuan yang menjadi tempat mengalirnya air yang sangat sejuk, sangatlah indah di pandang mata. Karena setiap tingkatan terdapat undakan air yang menyerupai kolam dan bagaikan tempat peristirahatan air menuju ketingkatan berikutnya.

Dari setiap kolam itu, pengunjung dapat memanfaatkannya sebagai tempat pemandian. Tetapi bagi anda yang hobi renang, bisa memilih kolam pada tingkatan kedua. Pasalnya kolam tersebut, lebih luas dari kolam yang lain, juga tidak terlalu dalam.

Meskipun bebatuan menjadi hamparan air ditempat itu, namun anda tak perlu takut untuk menyusuri tiap tingkatan yang bagaikan anak tangga tersebut. Karena bebatuan yang ada dikawasan air terjun Moramo, merupakan batuan kapur yang menyebabkan dinding-dindingnya tidak licin untuk dipanjat dan dilewati pengunjung.

Ya, tak hanya bentuknya yang indah ketika tersentuh cahaya matahari, bebatuan tersebut memancarkan kilauan pelangi yang berwarna-warni dan terlihat menari-nari berbenturan dengan buih air terjun dan riak gelombang yang sangat lembut. Suatu pemandangan yang sungguh menakjubkan.

Olehnya itu, tak heran jika sebagian masyarakat mempercayai tempat tersebut sebagai permandian para bidadari yang turun dari kayangan.

Wisata air terjun Moramo

Tak hanya itu, sepanjang perjalanan dan sekitar air terjun itu, anda akan menjumpai bentangan alam yang luas nan hijau dan diperkirakan usianya mencapai ratusan tahun. Kondisi jalan yang sedikit menanjak dan licin menjadi suatu pengalaman yang tak terlupakan.

Kicauan burung dan penghuni hutan lainnya yang saling bersahutan, tarian kupu-kupu yang berwarna-warni, seakan memecahkan suasana hening di areal itu, dan melengkapi cerita petualangan anda.

Pada awalnya, air terjun Moramo ditemukan pada tahun 1980 oleh salah seorang transmigrasi asal pulau Jawa yang sedang berburu dan memasang jerat anoa. Namun, pada tahun 1990 tempat tersebut baru mulai di gunakan sebagai tempat wisata.

Tempat & Akses

Air terjun Moramo berada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Atau sekitar 45 kilometer dari kota Kendari.

Sementara untuk mencapai lokasi tersebut, ada beberapa akses yang bisa menjadi pilihan pengunjung. Misalnya dari kota kendari, anda dapat menggunakan angkutan darat selama dua jam perjalanan menuju Kabupaten Konawe Selatan.

Tapi apabila anda menggunakan jalur udara, dari bandara Wolter Mongunsidi, anda dapat langsung menuju ke Desa Sumber Sari. Kemudian dilanjutkan menyusuri kawasan hutan Suaka Alam Tanjung Peropa dengan berjalan kaki sejauh dua kilometer.

Sekian dan semoga keindahan air terjun tersebut dapat dijaga dan dilestarikan bersama, agar tetap dapat dinikmati oleh anak cucu kita. Jangan sampai hanya karena kepentingan orang-orang atau kelompok tertentu, sehinggga panorama alam yang sudah terbentuk ratusan bahkan ribuan tahun ini, hancur dalam hitungan menit. Karena di kawasan hutan lindung yang menjadi tempat Air Terjun Moramo ini, memiliki kandungan marmer terbesar yang ada di Indonesia.

Baca : Kerennya Wisata KarimunJawa,

Sudah Dibaca Oleh Pengunjung
Diposting Pada Tanggal 21/12/2015 13:22:03
Diposting Oleh eveline@tr*****

Artikel Lainnya

Blog Wisata
10 Restoran Romantis Yang Ga Boleh Dilewatkan
17/05/2017 2:47:47
Pengunjung
   
Blog Wisata
4 Alasan Yang Membuat Aku Selalu Kembali Ke Dieng
20/01/2016 22:44:54
2346 Pengunjung
   
Blog Wisata
ARMOR KOPI, SENSASI NGOPI DI TENGAH HUTAN BANDUNG
17/01/2016 13:33:01
2494 Pengunjung
   
Blog Wisata
BUNGA SAKURA INI BUKAN DI JEPANG ! TAPI DI CIBODAS LHO
21/12/2015 13:41:52
1914 Pengunjung
   
Blog Wisata
Erix Endang Soekamti Sebuah Keindahan Bawah Laut Papua
05/04/2017 12:03:48
56 Pengunjung
   
Blog Wisata
FENOMENA BANDUNG SEBAGAI PENGHASIL WANITA CANTIK
17/01/2016 13:37:57
2923 Pengunjung
   
Blog Wisata
Gemerlapnya Malam di Gili Trawangan
10/03/2016 22:55:04
1567 Pengunjung
   
Blog Wisata
Hotel Paling Romantis Sedunia Ada di Ubud Bali
17/05/2017 2:38:59
Pengunjung