Lokasi Wisata di Cirebon Yang Wajib Dikunjungi, traveloblog 418

Lokasi Wisata di Cirebon Yang Wajib Dikunjungi

Klik Untuk Share    
Tips Wisata dan Jalan Jalan
Sudah Dilihat Oleh : 2449 Pengunjung
  1. Keraton Kasepuhan
Keraton-Kasepuhan-Cirebon

Keraton Kasepuhan

Bangunan yang berdiri sejak tahun 1529 ini adalah yang termegah dan paling terawat, dikelilingi oleh tembok bata dan terdapat pendopo didalamnya. Merupakan tempat wisata di Cirebon yang wajib anda kunjungi. Dahulu, Keraton Kasepuhan merupakan kerajaan Islam tempat para pendiri Kota Cirebon bertahta dan menjadi pusat pemerintahan kesultanan. Berlokasi di Jl. Jagasatru Cirebon Jawa barat, tempat wisata Keraton Cirebon dapat anda kunjungi dengan menggunakan e-ticket dan biaya sebesar Rp.15.000/orang.

Kelilingi komplek keraton sambil bayangkan nilai historis di dalamnya, bangunan utama warna putih adalah tempat tinggal sultan, sedangkan museum keraton banyak menyimpan benda pusaka kerajaan, termasuk kereta singa yang terkenal dan hanya dikeluarkan sekali dalam setahun untuk dimandikan setiap tanggal 1 Syawal. Selain itu, terdapat juga Keraton Kanoman yang masih ditinggali keluarga sultan dan Keraton Kacirebonan. Keduanya terletak di lokasi yang cukup dekat dengan Keraton Kasepuhan.

  1. Taman Sari Gua Sunyaragi
Taman-Sari-Gua-Sunyaragi-Cirebon

Taman Sari Gua Sunyaragi

Sekilas dari luar, objek wisata yang ada di Cirebon ini mirip dengan candi. Berlokasi di kelurahan Sunyaragi, Kesambi Cirebon. Sesuai arti Sunyaragi dalam sansekerta yaitu sepi raga, dahulu tempat ini digunakan untuk mencari ketenangan bagi sultan dan keluarganya. Selain nilai historis yang kental, didalam komplek gua terdapat pesanggarahan yang dan juga labirin serta lorong gua yang dapat anda jelajahi. Dikelilingi oleh Taman dan kolam, suasana rindang dan tenang disini akan membuat anda betah, disekitar lokasi banyak terdapat penjual kuliner dan oleh-oleh khas cirebon yang bisa anda beli. Tiket masuk sekitar Rp.10.000/orang.

  1. Banyu Panas Palimanan
Banyu-Panas-Palimanan-Cirebon

Banyu Panas Palimanan

Tempat wisata di Cirebon lainnya yang menarik adalah Banyu Mas Palimanan. Terletak di desa Palimanan barat, sekitar 30 menit berkendara dari pusat Kota Cirebon. Harga tiket cukup murah Rp. 4000/orang, dan jika anda ingin berendam di kolam air panas, tiket tambahan Rp.6.000/orang. Keunikan dari wisata air panas di Cirebon ini yaitu mata air yang tempatnya dapat berpindah-pindah. Jika berkunjung ke tempat ini, cobalah berendam air panas dengan rileks sambil menikmati pemandangan sekitar yang masih alami. Kadar belerang yang tinggi juga membuat air ditempat ini dipercaya banyak orang dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

  1. Kampung Batik Trusmi
Kampung-Batik-Trusmi-Cirebon

Kampung Batik Trusmi

Tempat wisata yang ada di Cirebon ini terletak di Jl. Syekh Datul Kahfi, Plered, Cirebon. Jika anda peminat batik pesisir, Batik Trusmi merupakan industri batik lokal Cirebon yang dapat anda lirik. Corak yang unik serta harga yang lebih murah daripada di mall dapat anda temukan disini. Selain itu, wisata kampung Batik Trusmi Cirebon juga menjadi pusat wisata kuliner serta oleh-oleh khas lokal yang layak anda kunjungi. Harga batik berkisar dari yang paling murah hingga mahal tergantung kualitas bahan, corak, dan teknik pembatikan yang digunakan. Jika anda ingin berbelanja, maka disini tempatnya.

  1. Ade Irma Suryani Waterland
Ade-Irma-Suryani-Waterland-Cirebon

Ade Irma Suryani Waterland

Bosan dengan sejarah dan ingin tempat wisata di Cirebon yang modern, Ade Irma Suryani Waterland dapat jadi pilihan. Nama tempat wisata di Cirebon ini diambil dari nama pemiliknya yaitu Ade Irma Suryani Hanjaya Arif Halim. Selain kolam air hangat, kolam arus, dan kolam bermain, wisata taman air di Cirebon ini juga dilengkapi berbagai wahana permainan yang menarik untuk anda dan keluarga, serta fasilitas cottage yang nyaman untuk menginap dengan pemandangan ke arah Pantai Kejawanan. Tempat wisata ini baru diresmikan awal tahun 2015 dan disebut oleh Sultan akan jadi kebanggaan masyarakat Cirebon nantinya. Harga tiket terusan ditempat ini Rp.50.000/orang. Lokasi berada di Jl. Diponegoro seberang BI Cirebon Jawa Barat.

  1. Pantai Kejawanan
Pantai-Kejawanan-Cirebon

Pantai Kejawanan

Wisata Pantai di Cirebon tentu tidak boleh anda lewatkan, kota pesisir yang akrab dengan laut ini memiliki pantai yang obyek wisatanya sudah tertata apik walau sederhana. Berlokasi tak jauh dari Ade Irma suryani Waterland, pantai ini paling ramai didatangi pengunjung disore hari. Anda dapat duduk santai dipinggir pantai menikmati desiran angin, menikmati pemandangan perahu-perahu nelayan dikejauhan, menikmati kuliner cemilan khas lokal yang banyak dijajakan, bermain air, bermain pasir, berenang, atau menyewa perahu karet dengan tarif berkisar Rp.20.000/orang.

Demikian beberapa tempat wisata di Cirebon yang menarik untuk dikunjungi, siapkan perbekalan dan daftar tempat anda, selamat berwisata.

418