Phuket, Wisata Pantai Menakjubkan, traveloblog 43

Phuket, Wisata Pantai Menakjubkan

Klik Untuk Share    
Tips Wisata dan Jalan Jalan
Sudah Dilihat Oleh : 3200 Pengunjung

Menuju Phuket

Dari Jakarta terdapat direct flight ke Phuket menggunakan AirAsia dengan lama tempuh kurang dari 3 jam, membuat destinasi Phuket semakin menarik bagi turis Indonesia.

Sedangkan jika dari Bangkok, saya sarankan juga menggunakan penerbangan, baik AirAsia, Bangkok Airways (5x sehari) maupun Thai. Perjalanan darat dengan bus akan menyita waktu belasan jam.

Phuket Airport terletak di bagian utara pulau, perjalanan dengan kendaraan adalah sekitar 30 menit untuk ke Patong atau Phuket Town. Tersedia fasilitas airport shuttle dari dan menuju Phuket Town dengan tiket 85 Baht, interval berangkat setiap 1-1,5 jam sekali, tiket dibeli langsung di dalam bus.

Jika melakukan perjalanan loop, kita bisa mengambil rute Krabi – Phi Phi Islands – Phuket menggunakan boat. Ferry dari Phi Phi Don ke Phuket memakan waktu sekitar 2,5 jam (termasuk loading dan unloading) dan dapat membawa penumpang hingga 700 orang dalam satu kapal. Tiba di terminal Ferry Phuket, transportasi untuk menuju hotel atau downtown bisa memakai jasa taksi. Tarif taksi ke hotel daerah pantai adalah 500-600 Baht (IDR 180,000) yang dapat memuat  3 orang, tentu saya tarif ini bisa ditawar on the spot.

Phuket

Phuket adalah sebuah pulau bagian tenggara Thailand, namanya adalah adaptasi dari bahasa Malay ‘bukit’ karena konturnya sebagian berupa bukit. Sebagai sebuah pulau, ia memiliki beberapa pantai di sisi barat menghadap Laut Andaman yang indah dengan pantai yang paling terkenal adalah Patong Beach, selain ada Kamala Beach, Karon, dan Kata Beach.

Daerah di tengah pulau dinamakan Phuket Town, menjadi tempat tinggal penduduk lokal, sedangkan turis umumnya memilih tinggal di daerah sekitar pantai.

Transportasi untuk turis cukup terbatas, namun jika Anda mempunyai SIM C bisa menyewa motor harian. Sedangkan jika rombongan, tersedia taksi tuk-tuk dengan tarif 200 Baht untuk satu kali perjalanan jauh-dekat di area Patong. Kebanyakan kita hanya cukup jalan kaki dari hotel ke pantai atau untuk mencari makan.

Tempat Wisata di Phuket

Tujuan utama turis ke Phuket adalah wisata bahari, mulai dari sekedar berjemur, berenang dan main air, hingga olahraga air. Bisa dibilang panas Phuket yang terik sangat disukai oleh turis dari Eropa yang haus akan sinar matahari.

Phuket memiliki beberapa pantai dengan karakteristik yang berbeda, ada yang berombak, ada yang tenang, berpasir putih namun kasar dan ada yang pasir halus selembut tepung. Jika punya hari yang banyak, luangkan waktu untuk menjajal setiap pantai yang ada dengan sepeda motor yang dapat disewa sekitar 100 Baht perhari.

Patong Beach

Sebuah pantai yang landai, dengan ombak yang lumayan, Patong Beach adalah tempat yang harus dikunjungi jika berada di Phuket. Suasananya seperti Pantai Kuta di Bali, namun tidak ada pedagang dan tukang pijat yang berkeliaran, membuat kita bisa tenang dan bebas di sini. Keamanan juga sepertinya terjamin, saya bisa meletakkan tas di pinggir pantai tanpa penjagaan sementara saya bebas berenang sendiri.

Puluhan hotel berjejer di sisi pantai dan sekitarnya membuat daerah ini sangat padat dengan turis dan aktivitas (yang disebut 1 kilometer square).

Kamala Beach

Jika Anda ingin suasana pantai namun yang lebih sepi, silakan jalan ke arah utara Patong Beach (mestinya naik tuk-tuk karena lumayan jauh dari Patong Beach). Kamala Beach belum begitu developed, tidak banyak hotel yang ada di sisi pantai, dan juga garis pantai ini tidak sepanjang Patong.

Bang La Road

Jalan ini ibaratnya jantung Phuket. Siang hari hanyalah sebuah jalan biasa namun begitu matahari mulai terbenam, jalan ini ditutup bagi kendaraan, terbangun dan menjadi pusat kehidupan malam. Jalan sepanjang 500 meter ini menyajikan toko souvernir di kanan kiri, juga pub dan go-go bar.

Menyusuri sekumpulan bar dengan pool dancers yang berpakaian minim mungkin cocok untuk para pria. Mengajak seorang teman yang mempunyai mata super yang mampu membedakan wanita asli dan tiruan, ternyata mereka semua adalah ladyboy, jadi awas jangan tergoda. Tapi Anda bisa saja duduk duduk menikmati musik dan bir. Sebotol bir Heineken di bar harganya 100-150 Baht.

Phuket Island Safari

Island Safari, layaknya Taman Safari di Cisarua Bogor, adalah tempat menikmati atraksi hewan mulai dari gajah, monyet, sapi, hingga ayam ras Bangkok. Lokasinya cukup jauh dari Patong, Anda harus menyewa taksi atau mobil untuk menuju ke sini.

Atraksi utama adalah elephant ride, dimana Anda naik di atas punggung gajah dan menikmati perjalanan keliling sekitar 30 menit. Badan akan tergoncang-goncang karena punggung gajah yang bergerak tidak serata papan setrikaan :)

Selain itu kita dapat menyaksikan pertunjukan hiburan satwa gajah, monyet, atau naik di dalam kereta yang ditarik oleh 2 ekor kerbau. Yah, memang kalau di Indonesia yang seperti ini cuma atraksi biasa, namun di Thailand berhasil dikemas dan dijual kepada turis asing yang belum pernah merasakan suasana kampung.

Simon Cabaret Show

Sebuah pertunjukan yang sangat terkenal berupa cabaret ladyboy (laki-laki yang sudah dipermak jadi wanita cantik) dengan kostum yang indah, inilah kira-kira yang dipertunjukkan dalam Simon Cabaret Show. Tiket adalah 700-800 Baht. Anda dapat membeli on the spot (namun kemungkinan besar sudah habis, seperti kejadian dengan saya), atau dibeli di travel agent atau hotel tempat Anda menginap. Dalam satu hari cuma ada 2 show, jam 19.30 dan 21.30.

Lokasinya ada di Sirirach Rd, untuk menuju ke sini bisa menyewa tuk-tuk (200 Baht jauh dekat utk wilayah Patong) atau jalan kaki (perkiraan saya adalah 20 menit dari Bang La Road).

Di akhir show, kita berkesempatan untuk berfoto bersama ‘tokoh-tokoh’ yang ada dalam Simon Cabaret tersebut, jadi make sure sudah punya incaran saat nonton shownya hehehe. Tentu foto session ini perlu ngasih ‘tips’ biasa 100 bath untuk tiap ladyboy.

Photo session after show

The Big Buddha

Di titik bukit tertinggi di Ph 43