Blog/ 10 Urutan Negara Yang Memberi Gaji Tinggi Untuk TKI

10 Urutan Negara Yang Memberi Gaji Tinggi Untuk TKI

Hallo friend ten, berikut ini tentang 10 negara favorit tujuan TKI sampai dengan bulan Juli 2014. Data diambil dari BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI) yang tertuang dalam laporannya sampai dengan bulan Juli 2015. Berikut daftarnya:

#1        Malaysia
Malaysia menjadi favorit bagi tenaga TKI, mungkin karena letaknya yang dekat dan kesamaan budaya (melayu) menjadi sebab TKI banyak mencoba mengadu nasib di sini. Dari data BNP2TKI Januari hingga juli 2014 ini tercatat sebanyak 63.231 TKI telah berangkat ke negar jiran kita ini. Gaji rata rata yang diterima oleh TKI non profesional di sini sebesar Rp.3 jt tiap bulannya.

#2        Taiwan
Taiwan jadi incaran TKI juga untuk mengadu nasib. Di sini terdapat 48.946 TKI yang bertarung mencari hidup yang terdaftar di BNP2TKI sepanjang Januari hingga Juli 2014.. Sedangkan gaji untuk non profesional disini berkisar Rp.5 jt tiap bulannya. Sungguh begitu, harus ada kemampuan lainnya dari seorang TKI karena perbedaan budaya dan bahasa. Namun untuk TKI profesional di sini tentu jauh lebih besar penghasilannya.

#3        Saudi Arabia
Negara Timur Tengah ini disenangi juga oleh para TKI, walau banyak sekali pemberitaan miring tentang TKI yang mengadu nasib di sini tapi anehnya, malahan TKI yang katanya pernah berkasus di sana pingin lagi untuk balik mencari nafkah. BNP2TKI mencatat 21.709 orang telah berangkat ke Saudi selama Januari hingga Juli 2014. Gaji rata rata TKI non profesional Rp. 4 jt tiap bulannya.

#4        Hong Kong
Negara ini sungguh menjanjikan bagi TKI. Dengan gaji rata rata untuk TKI non profesional sebesar Rp. 6 jt tiap bulan. Sedangkan untuk profesional jauh lebih besar dari itu. Rentang waktu Januari hingga Juli 2014 ini terdapat 20.066 orang TKI yang berangkat mengadu nasib di sana.

#5        Singapore
Masih dari tetangga sendiri, Singapore memberikan gaji rata rata tuk TKI non profesional sebesar Rp. 3,5 jt tiap bulannya, sedangkan untuk yang profesional,, hmm berkali kali lipat dari itu. Negara kota pusat perdagangan ini sangat makmur sehingga standar gaji juga tinggi. Rentang waktu Januari hingga Juli 2014 BNP2TKI telah mencatat sebanyak 17.150 TKI yang berangkat ke sana.

#6        United Arab Emirat
Masih di kawasan Timur Tengah, negara United Arab Emirat ini memiliki standar yang sama dengan Saudi untuk urusan penggajian TKI non profesional. Sejak Januari hingga Juli tahun ini telah berangkat 11.602 TKI mengadu nasib di sana.

#7        Oman
Tidak jauh berbeda dengan tetangganya, Oman juga punya standar yang sama untuk gaji TKI non profesional dengan Saudi dan Emirat. BNP2TKI telah memberangkatkan 10.088 orang TKI sejak Jan-Jul 2014 ini.

#8        Korea Selatan