Blog/ 6 Peluang Bisnis Sampingan, Buat Kamu Yang Jadi Pemandu Wisata/Tour Guide (Wajib Baca..)

6 Peluang Bisnis Sampingan, Buat Kamu Yang Jadi Pemandu Wisata/Tour Guide (Wajib Baca..)

Tugas seorang pemandu wisata tidak hanya saat di lokasi wisata saja. Selain menjadi narasumber ketika berkunjung ke lokasi wisata, mereka juga harus mengantar dan menjemput rombongan menuju tempat menginap. Otomatis seorang pemandu wisata harus mengerti tentang tiket dan jadwal penerbangan bandara juga mengerti prosedur perhotelan.

Para pemandu wisata dituntut untuk kerja ekstra. Tapi mereka juga memiliki penghasilan ekstra meskipun beberapa di antara mereka hanya menjadikan pekerjaan ini sebagai sampingan saja. Tidak hanya itu, profesi ini juga menjadi peluang pengembangan diri di bidang pariwisata dan pengembangan diri dalam menjajal bisnis dan profesi lain. Bisnis dan profesi apa sajakah yang dapat dirintis berdasarkan pengalaman menjadi seorang pemandu wisata?



1. Tour and travel

Pemandu wisata yang sudah kenyang dengan berbagai pengalaman memandu, memiliki banyak jaringan pertemanan dengan sesama orang pariwisata, pasti sudah mengerti tentang hitam putihnya dunia tour and travel. Bisnis berikutnya yang dapat dicoba adalah merintis biro perjalanan wisata.

Selama menjadi pemandu wisata, mereka berkesempatan luas untuk mempelajari manajemen biro perjalanan. Dari sini, mereka tidak hanya mempelajari teori dalam buku panduan berwisata, melainkan langsung praktek di lapangan. Selain itu, seorang pemandu yang memiliki kontak dengan dunia pariwisata beserta komponennya seperti hotel, airline, artshop, dan transportasi akan lebih mudah mengajak komponen-kompnen itu untuk bekerja sama. 

Namun ada baiknya jika memutuskan untuk merintis biro perjalanan wisata skala nasional seperti ini, pemandu wisata memperdalam pengetahuan manajemen, dan menumbuhkan sifat-sifat kepemimpinan yang baik. Jika Anda memiliki modal finansial lebih dan memiliki keahlian manajemen yang baik, Anda bisa mulai membuat jaringan dan memiliki biro perjalanan wisata sendiri.


2. Money changer

Profesi pemandu wisata sangat memungkinkan untuk mengamati situasi kawasan wisata. Profesi ini juga memungkinkan untuk mencari kebutuhan para wisatawan asing. Salah satunya adalah money changer. Money changer adalah kebutuhan pokok bagi wisatawan ketika mereka hendak menukarkan mata uang Negara mereka dengan mata uang rupiah.

Pemilihan lokasi yang tepat untuk mendirikan money changer ini sangat penting. Lokasi yang dipilih sebaiknya di kota-kota yang sering dijadikan destinasi wisatawan asing, atau di kota-kota besar lainnya. Tetapi, untuk membuat bisnis ini diperlukan modal finansial yang agak besar dengan kemampuan manajerial yang memadai.


3. Transportasi

Untuk membawa para wisatawan asing berkeliling ke daerah-daerah wisata, dibutuhkan sebuah kendaraan selama perjalanan. Salah satu jenis kendaraan yang sering digunakan adalah bus pariwisata dengan fasilitas lengkap dan bagus. Jenis-jenis bus ini bisa disesuaikan dengan jumlah anggota. Misalnya bus besar untuk wisatawan dengan jumlah yang agak banyak, dan kendaraan sedang untuk mengangkut rombongan yang kurang dari limabelas orang. 

Jika Anda memiliki cukup dana, maka usaha transportasi untuk mengangkut wisatawan asing ini akan menjadi usaha yang bagus. Posisi pemandu wisata yang sering berhubungan dengan biro-biro perjalanan wisata lainnya  dapat menjadi koneksi yang bagus ketika suatu saat pemandu wisata ingin beralih ke bisnis transportasi. Biro-biro perjalanan wisata itulah yang akan menyediakan order. Hubungan baik yang dibina dengan biro wisata akan memudahkan pemasaran jasa transportasi. Berdasarkan kapasitas dana dan permintaan kendaraan sewa, maka Anda bisa memutuskan kendaraan mana yang akan di beli untuk disewakan. 


4. Kerajinan

Peluang usaha lain yang mungkin terbuka oleh seorang pemandu wisata adalah penjualan kerajinan. Para wisatawan yang sering berburu kerajinan untuk dibawa pulang ke negaranya tidak akan segan untuk membeli berbagai macam kerajinan unik. Pemandu wisata yang telah sering berjalan-jalan bersama para wisatawan tentu memahami kerajinan apa yang menjadi favorit para wisatawan. Dengan pendekatan yang bagus, pemandu wisata bisa mengetahui penyetok kerajinan-kerajinan tersebut. Meskipun sudah banyak pedagang yang mengecer kerajinan, peluang pasar ini tetap terbuka. Anda bisa membuka art shop sendiri. 

Posisi sebagai pemandu wisata memudahkan Anda untuk melakukan sosialisasi dan kerjasama bisnis dengan pihak-pihak terkait bisnis pariwisata. Lebih jauh lagi, profesi ini membuka peluang Anda untuk menjadi eksportir aneka kerajinan. Tapi sekali lagi, hal itu sangat bergantung pada kelihaian membangun jaringan dan kerjasama dengan orang-orang yang juga bergerak di bidang pariwisata.


5. Penulis

Banyak kisah perjalanan yang dapat diceritakan selama menjadi pemandu wisata. Bersentuhan dengan dunia luar dan sering berintraksi dengan banyak orang tentu menjadi sebuah pe
Sudah Dibaca Oleh Pengunjung
Diposting Pada Tanggal 25/01/2015 0:08:38
Diposting Oleh eveline@tr*****

Artikel Lainnya

Blog Wisata
[INFO] Museum Museum Mulai Melarang Penggunaan TongSis..
11/02/2015 8:58:48
1248 Pengunjung
   
Blog Wisata
10 Destinasi Open Trip terfavorit
09/03/2015 3:07:40
2567 Pengunjung
   
Blog Wisata
10 Restoran Romantis Yang Ga Boleh Dilewatkan
17/05/2017 2:47:47
Pengunjung
   
Blog Wisata
10 Tips Menghemat Uang Saat Travelling
10/03/2015 3:08:26
2538 Pengunjung
   
Blog Wisata
10 Wisata di Makasar Yang Wajib Kamu Kunjungi
28/01/2015 18:33:49
3066 Pengunjung
   
Blog Wisata
11 Film Yang Membuat Kamu Ngebet Untuk Traveling
16/03/2015 22:04:43
2417 Pengunjung