Pecel Bu Suparmi Tlogo Putri Kaliurang Jogja CIta Rasa Dalam Seporsi Pecel, traveloblog 75

Pecel Bu Suparmi Tlogo Putri Kaliurang Jogja CIta Rasa Dalam Seporsi Pecel

Klik Untuk Share    
Tips Wisata dan Jalan Jalan
Sudah Dilihat Oleh : 2996 Pengunjung Pecel Bu Suparmi Tlogo Putri, Pesona Cita Rasa dalam Seporsi Mie Pecel Jogja

 

Berkunjung ke kawasan wisata Kaliurang yang terletak di ujung utara Jogja mendadak menjadi aktifitas yang rutin saya lakukan dalam waktu sekitar satu tahun kebelakang. Berawal dari hal tersebutlah, saya mulai memperhatikan potensi kuliner yang berada di kawasan wisata ini maupun di rute yang dilewati selama perjalanan menuju Kaliurang.

Salah satu temuan saya kali ini adalah Pecel Suparmi, yang terletak di Terminal Tlogo Putri, Kaliurang. Untuk mencarinya sebenarnya tak terlalu susah, lokasi warungnya berada tak terlalu jauh dari bekas kolam renang. Bentuk warungnya tak istimewa dan sangat sederhana. Hanya meja kayu dan bangku panjang beratapkan seng. Diatas meja terdapat sebuah wadah berisi aneka sayur segar dan bumbu pecel. Selain itu, Ibu Suparmi juga menjajakan telur maupun gorengan, sebagai lauk dari pecel tersebut.

Hal yang untuk saya berbeda dari warung pecel ini adalah penyajiannya yang tidak dengan nasi namun dengan mi kuning dan bihun. Saya pun langsung memesan satu porsi pecel mi tersebut sebagai menu makan pagi-siang saya. Dengan sigap, Ibu Suparmi meracik menu pecel pesanan saya tersebut, dan dalam waktu yang singkat pula menu tersebut sudah siap untuk disantap. Sayur-mayur yang tersaji di piring saya tampak begitu menyegarkan, dan ketika disantap, rasa segar dari setiap sayur tersebut masih terasa di mulut. Mulai dari tauge, bayam, daun kenikir, wortel, kol, pare, hingga kembang turi semuanya memberikan sensasi kesegaran yang kaya dan berbeda-beda. Bumbu kacangnya yang terasa pedas pun menambah kelezatan serta nafsu makan saya. Berbeda dengan pecel yang disajikan nasi, pecel mi racikan Bu Suparmi ini terasa semakin unik dengan kehadiran kedua jenis mie-nya yang kebetulan rasanya gurih. Karakteristik rasa bawangnya cukup menonjol sehingga menambah kekayaan rasa dari menu sederhana bernama pecel ini.

Yup, meski begitu sederhana namun rasa pecel Suparmi ini memang beda dan unik. Mungkin memang tidak bergaya ala Jawa Timuran namun kelezatan rasa yang ditawarkan sepertinya susah untuk ditolak. Selalu ada kejutan dibalik kesederhanaan, dan hal itu saya buktikan ketika mengunjungi warung pecel sederhana racikan tangan Ibu  Suparmi.

75