Monday, March 1, 2021

Jenis-Jenis Kartu SIM Card di Indonesia

Posted by Doni on Monday, March 1, 2021


 

Dunia mobile sekarang alami perubahan yang demikian cepat. Hal itu kelihatan dari timbulnya bermacam jenis inovasi-inovasi yang membuat keperluan mobile jadi lebih sederhana dan efektif. Satu bentuk efektivitas dan peringkasan piranti mobile bisa disaksikan dari makin rampingnya body pada smartphone. Bukan hanya itu, tipe sim card yang dipakai alami perubahan.

Tipe - Tipe Kartu Simcard di Indonesia Saat sebelum dipakainya kartu sim sama ukuran seperti sekarang ini, rupanya kartu sim mempunyai pengubahan yang lumayan banyak. Hal itu kelihatan terang dari ukuran kartu sim yang dipakai. Di awal keberadaannya, kartu sim mempunyai ukuran yang semakin besar dari ukuran sekarang ini. Hal itu membuat kartu sim mempunyai tipe yang bermacam-macam. Di bawah ini sebagai beberapa jenis kartu sim yang harus Anda kenali, yaitu:


Tipe-Tipe Jenis SIM Card di Indonesia


1. Kartu SIM Full-Sized

Tipe kartu sim yang pertama ialah kartu sim full size. Tipe kartu sim yang mempunyai code 1FF ini dipakai pada smartphone angkatan pertama yang berada di dunia. Kartu ini pertama kalinya dikeluarkan di tahun 1991. Ciri-ciri yang dipunyai kartu ini ialah ukuran yang panjang dan lebar seperti kartu ATM atau KTP. Disamping itu, kartu sim ini dikenali mempunyai ukuran yang cukup tebal seputar 0,76 mm.

2. Kartu SIM Mini

Tipe kartu sim setelah itu kartu sim mini. Kartu yang mempunyai code 2FF ini mulai dipakai di tahun 2000an awalnya. Kartu sim tipe ini kemungkinan dapat disebutkan sebagai kartu sim paling akrab di Indonesia. Hal itu karena kartu sim ini dipakai dari tahun 1996 s/d tahun akhir 2015. Jika Anda beli kartu pertama pada saat itu pasti tipe kartu sim ini yang Anda peroleh

3. Kartu SIM Mikro

Tipe kartu sim yang setelah itu kartu sim ukuran mikro. Kartu sim yang ini mulai dikeluarkan di tahun 2003. Kartu ini mempunyai panjang 15 mm dengan ketebalan 0,76 mm. Pemakaian kartu yang mempunyai code 3FF ini dipakai pada periode pengalihan konektivitas 3G ke konektivitas 4G. Hal itu karena banyak smartphone yang sudah memakai slots kartu sim mikro.

4. Kartu SIM Nano

Kartu sim Nano sebagai angkatan ke-4 dari kartu SIM smartphone. Kartu yang mempunyai code 4FF ini pertama kalinya dikeluarkan pada masa tahun 2012an. Hadirnya tipe kartu sim ini bisa disebut lumayan dekat dengan kedatangan kartu sim mikro. Tetapi kartu yang ini mempunyai ukuran yang lebih kecil yakni dengan panjang 12,3 mm, lebar 8,8 mm, dan ketebalan 0,767 mm.

Hingga saat ini, kartu SIM memiliki ukuran nano paling sering dipakai di Indonesia. Hal itu karena banyak produsen smartphone sudah banyak memakai slots memiliki ukuran nano pada smartphone terkini yang dibuatnya.

5. Kartu SIM Combi

Tipe kartu SIM combi sebagai hasil modifikasi dari kartu SIM mikro. Dibikinnya tipe kartu sim ini mempunyai tujuan untuk mempermudah pemakai jika ingin menukar smartphone. Tipe kartu SIM ini cukup terkenal di saat zaman penggantian kartu SIM memiliki ukuran standard ke kartu sim memiliki ukuran mikro. Dengan demikian, jika Anda bertukar smartphone dengan slots mikro, Anda tidak harus menukar kartu sim Anda.

Hingga saat ini, kartu sim sudah alami banyak perubahan. Dimulai dari kartu ukuran standard s/d kartu sim mikro. Tetapi, hal itu pasti tidak jadi permasalahan yang demikian besar karena semua perubahan itu mempunyai tujuan untuk makin mempermudah beberapa pemakai handphone di dunia.

bagi anda yang ingin membeli pulsa murah bisa mengunjungi family pulsa

Previous
« Prev Post

1 comment:

  1. Oke Makasih min. Nice info. Saya sendiri baru tahu. WKwkw....Ternyata banyak jenisnya.

    ReplyDelete