Wednesday, April 14, 2021

5 Cara Merawat Mobil Sendiri Dari Rumah

Posted by Doni on Wednesday, April 14, 2021


 

Sebagai pengendara mobil, pasti Anda ingin mobil Anda tahan lama untuk periode waktu lama. Untuk pastikan mobil masih berharga tinggi dan nyaman dikemudikan, pemakai mobil wajib melakukan perawatan dengan teratur, baik secara individu atau dengan service periodik ke bengkel sah.

Bila Anda kurang pahami sangkut-paut mobil dan perawatannya, minimal Anda perlu pahami 5 ini supaya mobil masih pada keadaan sempurna:

1. Cek Oli

Oli mobil harus ditukar tiap 5.000-10.000 km untuk pastikan mesin mobil masih bekerja dengan maksimal. Salah satunya langkah ketahui oli mobil harusnya ditukar dengan teteskan sedikit oli pada tangan Anda dan rasakan apa ada serpihan-serpihan lembut didalamnya. Bila Anda bisa rasakan serpihan atau kotoran, karena itu kini waktunya Anda menukar oli mobil.

2. Cek Kopling

Panduan ini berlaku bila mobil Anda bertransmisi manual. Bila kampas kopling Anda mulai aus, karena itu peralihan gigi akan makin berat dan bisa mengusik kenyamanan mengemudi Anda. Persneling yang susah dipindahkan sebagai salah satunya tanda-tanda kampas kopling mobil Anda mulai aus.

3. Cek Air Radiator

Air radiator berperan untuk mendinginkan mesin saat bekerja. Yakinkan Anda isi air di tabung radiator secara periodik supaya mesin bisa bekerja secara baik. Disamping itu, bila Anda cukup kerap memakai air wiper, isi tabung air wiper sama air bersih bila air mulai habis.

4. Cek Kabel & Lampu

Anda perlu mengecek keadaan kabel dan lampu mobil Anda dengan teratur. Kadang-kadang, Anda akan merasakan kabel yang lembek atau bahkan juga terputus dan lampu mobil yang mulai redup. Supaya tidak memiliki masalah di jalan, yakinkan semua kabel dan lampu mobil Anda ada pada keadaan normal.

5. Cek Aki Mobil

Hal termudah untuk menjaga accu mobil Anda dengan pastikan air aki ada pada tingkat yang semestinya, yakni antara garis batasan pertanda. Langkah lain untuk memeriksa keadaan aki dengan menghitung tegangan aki memakai voltmeter. Bila Anda tidak percaya berkenaan keadaan accu mobil Anda, Anda bisa periksakan mobil ke bengkel paling dekat.

Kecuali lima panduan menjaga mesin itu, Anda pun harus memperhatikan factor yang lain penting pada mobil Anda, seperti keadaan ban dan karet wiper. Yakinkan ban tidak aus dan karet wiper Anda masih plastis supaya tidak mengusik kenyamanan saat mengemudi. Jual onderdil mobil honda murah.

Bagaimana menurut Anda? Apakah sudah Anda lakukan ke-5 panduan perawatan mesin itu?

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment