Monday, April 12, 2021

Trik Dari Microsoft Word yang Bermanfaat Buat Kita

Posted by Doni on Monday, April 12, 2021


 

Siapakah yang tidak mengenal dengan Microsoft Word? Program ini selalu setia temani beberapa hari anak kuliahan sampai skripsi tiba. Tetapi, tidak seluruh orang tahu jika Microsoft Word hacks dapat percepat skripsi kita. Apa itu?

1. "Find and Replace" dan pola tulisan? Pasti dapat jika yang dipencet ini!

Sejauh ini, kamu dapat mendapati semua kata yang keliru dan mengkoreksinya secara automatis melalui "Find and Replace". Sayang, pola tulisan tidak dapat sekaligus diganti.

Karena itu, tekan saja "Ctrl+H". Penampilan "Find and Replace" ada. Selanjutnya click tulisan "More" yang ada di penampilan itu. Saat ini, kamu dapat sekalian menukar pola kata/kalimat yang diharapkan saat "Replace".

2. Saat sedang kerjakan pekerjaan yang panjang, ada jalan singkat supaya kamu tak perlu capek-capek scrolling.

Pakai saja shortcut "Shift+F5". Dengan itu, kamu dapat berloncat-loncat antara beberapa bagian sangat aktif pada file-mu.

3. Acuhkan dahulu membubuhkan hyperlink rujukan dengan "Insert > Hyperlink". Coba yang bisa lebih cepat: "Ctrl+K".

4. Untuk huruf kapital, tidak harus mesti gunakan "Caps Lock". Ada pula "Ctrl+Shift+A".

Shortcut itu akan secara automatis membuat kapital kata yang diblok. Di lain sisi, dia bisa juga dipakai untuk mengganti huruf kapital jadi huruf biasa.

5. Kertas Portrait dan Landscape sekalian pada sebuah file? Dapat!

Tetapkan dahulu halaman atau paragraf yang ingin ditata jadi portrait atau landscape. Selanjutnya click "Page Lay-out > Page Setting > Margins > tentukan Kustom Margins". Tentukan "Portrait" atau "Landscape". Pada opsi "Apply to" (kiri bawah), click "Selected Teks".

10 Trick Microsoft Word yang Bermanfaat Sekali buat Ngerjain SkripsiSumber gambar: makeuseof.com

Langkah ini bisa juga kamu kerjakan secara click "Page Lay-out > Section Breaks" di toolbar. Kecuali untuk tujuan halaman, ke-2 langkah ini bisa juga digunakan untuk penataan nomor halaman document skripsi atau buku.

6. Bila kamu terlatih menggunakan ide khusus saat menulis, yakinlah lain waktu kamu dapat membuat secara automatis!

Umumnya, ada pola tertentu saat menulis skripsi yang diharuskan dosen atau fakultas. Tetapi, tentu susah bila harus membuat pola sama terus-terusan per bab dan dibikin manual.

Tidak perlu bersedih! Mulai saat ini, kamu dapat membuat template. Click "Home", click panah ke bawah untuk membuat templatemu atau mencari "New Model". Dari paragraf, indent, rata kanan kiri, sampai font dapat ditata waktu itu juga.

7. Mengendalikan opsi "Paste" mempermudahmu saat menulis rujukan URL dan tidak automatis menjadikan hyperlink.

Perintah "Paste" rupanya dapat kamu mengatur, lho! Maka kamu tak perlu kewalahan saat copy URL ke pekerjaan papermu dan dapat sesuaikan formatnya sesuai dengan selera. Click tombol Office (kiri atas), Word Options, Advanced.

Sampai di sana, seharusnya kamu dapat menyaksikan opsi Cut, Copy, Paste. Langsung mengatur seperti keinginan.

8. Supaya skripsimu kelihatan rapi, resmi, dan professional, "Full Justification Formatting" akan membuat prima.

Supaya rata kiri dan kanan betul-betul prima, terlihat professional, dan resmi, click simbol "Office > Word Options > Advanced > click Lay-out Options". Lantas, mulai mengendalikan disini.

9. Ingin cut paste banyak poin? Kemungkinan kamu perlu mengenali SPIKE!

Nikmat ya jika dapat pilih beberapa paragraf random dari beberapa document, selanjutnya paste di satu file sekalian? Rupanya, ini ada triknya. Namanya SPIKE.

Blok kata yang ingin di-cut dan pencet "Ctrl+F3". Operasi berikut yang disebutkan SPIKE. Blok sisi yang lain kembali dengan sama. Bila ingin Undo SPIKE paling akhir, tekan "Ctrl+Z".

Saat di rasa cukup, paste dengan "Ctrl+Shift+F3". Semuanya yang kamu cut, tampil rapi di file baru.

10. Janganlah sampai raibnya document membuat sasaran pendadaran kewalahan. Tangani raibnya document dengan panduan rahasia ini!

Kamu dapat click "File > Open". Tentukan file yang hancur dan mengambil command "Recover Teks from Any File" dari daftar type file (kanan bawah). Tempat Download Jurnal Gratis hanya di idearik.com

Bagaimana? Gampang kan Microsoft word hacks-nya? Mari kerjain kembali skripsinya!

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment