Traveloista Blog / Pantai Pok Tunggal, Pantai Pasir Putih yang Menawan

Pantai Pok Tunggal, Pantai Pasir Putih yang Menawan

Pantai Pok Tunggal, Pantai Pasir Putih yang Menawan

Gunung kidul merupakan salah satu kabupaten di daerah istimewa yogyakarta, Indonesia.  Pegunungan gunung kidul dikenal dengan daerah yang cukup tandus dan sering kekeringan saat musim kemarau. Minimnya sumber mata air membuat warga kesusahan dikala musim kemarau. Meskipun begitu, warga gunung kidul harus tetap bersyukur karena warga gunung kidul sudah diberi anugerah yang luar biasa. Anugerah yang dimaksud adalah panorama alamnya. Panorama alam di gunung kidul merupakan aset pariwisata yang sangat berharga bagi warga sekitar.

Salah satunya adalah pantai pok tunggal. Pantai pok tunggal merupakan salah satu pantai yang ada di Desa Tepus, kecamatan Tepus, wilayah gunung kidul. Pantai pok tunggal dihiasi pasir putih nan menawan. Pasir putihnya begitu lembut, deburan ombak yang ramah menjadi lagu disetiap detiknya.


Lokasi pantai pok tunggal dari kota Jogjakarta cukup memakan waktu. Bila menggunakan kendaraan roda dua kurang lebih sekitar 2 jam sedangkan bila menggunakan roda empat bisa mencapai 2,5 jam. Memang cukup melelahkan apalagi jalan menuju pantai pok tunggal begitu berkelok-kelok dan menanjak, namun itu semua akan terbayar dengan suasana indah yang ada di pantai pok tunggal. Apalagi sunset yang ada di pok tunggal, begitu mendamaikan hati dan indah tiada tara.


Di pantai pok tunggal ada sebuah pohon yang menjadi icon yaitu pohon duras. Pohon duras berdiri sendiri diantara pasir putih. Terpaan angin, hujan, dan terik matahari tak membuatnya tumbang. Justru membuat pohon duras itu semakin kokoh dan gagah. Pohon duras itu sendiri begitu dijaga oleh warga sekitar, konon katanya pohon duras itu sangat sulit tumbuh disitu. Jika ada pengunjung yang memperlakukan pohon duras itu secara tidak baik, bersiap-siaplah mendapat teguran dari warga sekitar.

Disisi sebelah timur pantai pok tunggal ada jejeran tebing batu yang berdiri kokoh, tegak lurus, kurang lebih tingginya mencapai 50 an meter. Sepertinya cocok untuk olah raga panjat tebing. Tebing yang berdiri tegak lurus terlihat seperti sedang melindungi pantai pok tunggal dari dunia luar. Masih ada primata liar yang tinggal di sekitar tebing. Antara lain seperti monyet.


Disekitar pantai, ada beberapa orang yang biasa memberikan jasa persewaan payung pantai dan tenda dome. Bila anda ingin menikmati keindahan pantai pok tunggal tanpa tersengat terik matahari secara langsung, anda bisa menyewa payung pantai dengan harga Rp 20.000,-. Namun jika anda ingin mengabadikan sunset atau ingin bermalam di pantai pok tunggal, anda bisa menyewa tenda dome dengan harga Rp 60.000,-.


Tarif parkir di pantai pok tunggal cukup murah. Untuk sepeda motor dikenakan biaya Rp 2.000,-, mobil dikenakan biaya Rp 5.000,-, dan mini bus dikenakan biaya Rp 15.000,-.



Sudah Dibaca Oleh 1.993 Pengunjung
Diposting Pada Tanggal 13/02/2015 3:31:56
Diposting Oleh septirahma*****

Yuk Kenalan Dengan Traveler Dari Daerah Lain di Forum Travel Indonesia

Social Travel Indonesia
Join

Travel Blog Lain Wajib Kamu Baca !

[KULINER] 10 Kuliner Khas Cirebon Mantap...

[KULINER] 10 Kuliner Khas Cirebon Mantap...

Telah dibaca oleh 4530 Pengunjung
[KULINER] 12 Kuliner Mie Maknyuuuss...

[KULINER] 12 Kuliner Mie Maknyuuuss...

Telah dibaca oleh 3390 Pengunjung
10 Negara Biaya Transportasi Paling Mahal

10 Negara Biaya Transportasi Paling Mahal

Telah dibaca oleh 1511 Pengunjung
10 Wisata di Makasar Yang Wajib Kamu Kunjungi

10 Wisata di Makasar Yang Wajib Kamu Kunjungi

Telah dibaca oleh 3066 Pengunjung
10 Wisata Penang Malaysia Wajib Dikunjungi

10 Wisata Penang Malaysia Wajib Dikunjungi

Telah dibaca oleh 2492 Pengunjung
15 Lokasi Kuliner Wajib di Bandung

15 Lokasi Kuliner Wajib di Bandung

Telah dibaca oleh 3280 Pengunjung
15 Lokasi Kuliner Wajib di Bogor

15 Lokasi Kuliner Wajib di Bogor

Telah dibaca oleh 3800 Pengunjung
3 Hari Perjalanan di Brunei Darussalam

3 Hari Perjalanan di Brunei Darussalam

Telah dibaca oleh 1584 Pengunjung