Traveloista Blog / Menikmati Senja Di Pantai Yeh Gangga

Menikmati Senja Di Pantai Yeh Gangga

Menikmati Senja Di Pantai Yeh Gangga

Gangga, nama ini bukan hanya ada di India, tapi juga ada di Bali. Kembaran nama tak selalu berarti sama dalam wujudnya, Gangga di India merupakan sebuah sungai yang berasal dari gletser yang disebut Gangotri di Himalaya. Gletser Gangotri terletak sekitar 14.000 meter di atas permukaan laut. Rute utama aliran sungai Gangga melalui India, dengan bagian kecil mengalir melalui Bangladesh sebelum bermuara di Teluk Benggala. Sedangkan Gangga di Bali memiliki nama lengkap Yeh Gangga, yang merupakan salah satu pantai Samudera Hindia.

Pantai Yeh Gangga

Pantai Yeh Gangga

Pantai Yeh Gangga, terletak kurang lebih 9 km dari Tanah Lot. Kalau Anda berada di sana, jangan lewatkan pemandangan menarik saat senja hari, yakni ketika matahari merobos melalui lubang batu besar yang ada di tepi pantai. Maka, kalau Anda sudah ada di Pantai Yeh Gangga, santailah di sana sampai senja menyelimuti seluruh pantai.

Batu besar di Pantai Yeh Gangga itu merupakan Pura. Dikenal oleh masyarakat lokal dengan nama Pura Batu Bolong. Sebagaimana Pura di Tanah Lot, Pura Batu Bolong di Pantai Yeh Gangga difungsikan untuk peribadatan namun ukurannya lebih kecil. Tepat di ujung depan batu Pura Batu Bolong terdapat tangga kayu yang menjadi satu-satunya jalan untuk bisa menjangkau Pura. Lubang yang ada di tengah-tengah batu itulah yang membedakan Pura ini dengan Pura lainnya. Tatkala matahari enggan memasuki peraduannya, sinarnya dapat menerobos, dari jauh akan terlihat seperti cincin yang bersinar.

Pantai Yeh Gangga

Pantai Yeh Gangga

Pura Batu Bolong di Pantai Yeh Gangga menjadi lokasi sembahyang umat Hindu. Seringkali upacara melasti dan upacara pelepasan abu kremasi akhir dari upacara Ngaben. Dalam upacara ini, akan ada gamelan khas Bali yang mengiringi selama prosesi berlangsung.

Kalau tidak sedang diberlangsungkan upacara suci, Anda bisa jalan-jalan santai di seantero Pantai Yeh Gangga. Di sisi timur, Pantai Yeh Gangga dibatasi oleh bukit kecil dan aliran sungai yang tak begitu deras. Memang, Pantai Yeh Gangga merupakan pantai Samudera Hindia yang menjadi muara banyak sungai kecil. Di sisi selatan Pantai Yeh Gangga, Anda bisa menyaksikan hamparan sawah yang berwarna hijau. Kalau Anda jeli, Anda bisa menyaksikan perpaduan warna yang indah antara lautan dengan daratan hijau persawahan dilatar belakangi oleh langit yang cerah. Kalau Anda pintar melukis, silahkan lukis saja apa yang Anda lihat dari setiap lekuk pesisir Pantai Yeh Gangga.

Pantai Yeh Gangga

Pantai Yeh Gangga

Kalau Anda begitu penasaran dengana Pantai Yeh Gangga, maka langsung saja datang ke Desa Sudimara Tabanan Bali. Pantai Yeh Gangga, ada di tempat tersebut.  Dari Tabanan, Anda bisa melalui Jl. Raya Yeh Gangga menuju ke Sudimara. Berkendaralah sampai Anda menemukan plang penunjuk ke tujuan Anda. Selamat menikmati!

Sumber: Panduanwisata.id
Sudah Dibaca Oleh Pengunjung
Diposting Pada Tanggal 23/02/2015 22:02:56
Diposting Oleh eveline@tr*****

Travel Blog Lain Wajib Kamu Baca !

Lokasi Wisata Yang Bikin Cowok Pengen Kesini (Yang Cowok Yuk Dibaca..) Bagian Ke 2
Telah dibaca oleh 3767 Pengunjung
[INFO] Museum Museum Mulai Melarang Penggunaan TongSis..
Telah dibaca oleh 1248 Pengunjung
[KULINER] 10 Kuliner Khas Cirebon Mantap...
Telah dibaca oleh 4530 Pengunjung
[KULINER] 12 Kuliner Mie Maknyuuuss...
Telah dibaca oleh 3390 Pengunjung
[TIPS] Menikahlah Dengan Pria Yang Bisa Buat Anda Tertawa (Bukan Berarti Pelawak Yahh..)
Telah dibaca oleh 1303 Pengunjung
10 Negara Biaya Transportasi Paling Mahal
Telah dibaca oleh 1511 Pengunjung
10 Wisata di Makasar Yang Wajib Kamu Kunjungi
Telah dibaca oleh 3066 Pengunjung
10 Wisata Penang Malaysia Wajib Dikunjungi
Telah dibaca oleh 2492 Pengunjung
15 Lokasi Kuliner Wajib di Bandung
Telah dibaca oleh 3280 Pengunjung
15 Lokasi Kuliner Wajib di Bogor
Telah dibaca oleh 3800 Pengunjung
3 Hari Perjalanan di Brunei Darussalam
Telah dibaca oleh 1584 Pengunjung
4 Fakta MEnarik Tentang Rumah Makan Padang (Pasti Kamu Belom Tahu...)
Telah dibaca oleh 2377 Pengunjung