Paket Wisata SINGAPORE,SINGAPORE


Paket wisata dalam pandangan para ahli memiliki beberapa definisi, menurut Gamal Suwantoro, SH dalam bukunya yang berjudul “Dasar-dasar pariwisata” Penerbit: Andi Yogyakarta, 2004. Paket wisata adalah produk perjalanan yang dijual oleh suatu perusahaan biro perjalanan atau perusahaan transport yang bekerja sama dengannya dimana harga paket wisata tersebut telah mencakup biaya perjalanan, hotel ataupun fasilitas lainnya.

Sedan

gkan menurut A Yoeti Oka (2001;112). Dalam bukunya yang berjudul “Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata”, mendefenisikan paket wisata adalah suatu perjalanan wisata yang direncanakan dan diselenggarakan oleh suatu travel agent atau biro perjalanan atas resiko dan tanggung jawab sendiri, yang acara lamanya waktu wisata, tempat-tempat yang akan dikunjungi, akomodasi, transportasi, makanan dan minuman telah ditentukan oleh biro perjalanan dan telah ditentukan jumlahnya. Sementara itu menurut Bojamic dan Calantone, (1990 dalam Oppewal dan Rewtrakunphaibon, 2004:183) “Paket wisata adalah suatu kombinasi dari banyak komponen-komponen dari suatu produk wisata yang saling bergabung terdiri dari transportasi, pemondokan, atraksi wisata dan makanan yang dijual kepada wisatawan pada suatu harga.

Kemudian menurut Sheldon dan Mark, (1987 dalam Oppewal dan Rewtrakunphaibon, 2004:183), jenis paket wisata menurut penggunaannya dibedakan menjadi dua yaitu paket wisata yang sederhana adalah paket wisata dasar yang umumnya hanya terdiri dari transportasi dan pemondokan saja dan paket wisata yang ekslusif yaitu paket wisata yang menawarkan berbagai kegiatan dan program liburan yang terdiri dari atraksi wisata, makanan dan juga didampingi oleh guide dalam kegiatannya.



Paket Wisata Bandung
Paket Wisata Lombok
Paket Wisata Bali
Paket Wisata Jogja
Jenis paket wisata

Paket wisata sendiri memiliki jenis-jenis berdasarkan aktivitas yang dapat dilakukan, diantaranya:

Wisata kesenangan
Wisata rekreasi
Wisata budaya
Petualangan
Wisata olahraga
Wisata bisnis
Wisata konvensi
Minat khusus


Komponen paket wisata

Komponen paket wisata merupakan bagian dari keseluruhan yang ada dalam produk paket wisata, diantaranya meliputi:
Transportasi
Akomodasi (tempat menginap)
Makanan dan minuman
Objek dan atraksi wisata
Sarana hiburan
Cenderamata
Pemandu wisata


Itinerary

Itinerary atau rencana perjalanan adalah rangkaian kegiatan ke sebuah destinasi wisata yang meliputi: lama waktu wisata, uraian objek wisata yang dikunjungi, informasi fasilitas, dan estimasi biaya yang akan dikeluarkan.

Contoh itinerary dalam bentuk tabel
Tujuan: Dieng
Program perjalanan: 3 hari 2 malam
Meeting point: Kota Semarang